Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Batik Malaysia dan Indonesia

Negara Indonesia dan juga Malaysia merupakan negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan. Dalam hal bahasa misalnya, Malaysia dan Indonesia memiliki kemiripan dalam hal bahasa Melayu. Begitu juga dengan corak kebudayaan yang cukup menghebohkan kala itu yaitu dalam hal akar budaya batik Malaysia.



Batik Malaysia sempat menghebohkan dunia bahkan menggemparkan publik terlebih masyarakat Indonesia saat Miss World Malaysia memperkenalkan batik sebagai warisan budaya dari Malaysia. Hal ini menimbulkan pertikaian serta konflik horizontal antara negara Malaysia dan Indonesia. Padahal pada 2009 Unesco memutuskan bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia diiringi dengan ditetapkannya 2 oktober 2009 sebagai Hari Batik Nasional.


Perbedaan batik Malaysia dan Indonesia

Meski Unesco telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, Malaysia juga tetap mengklaim batik sebagai warisan leluhur mereka. Ada perbedaan antara batik Indonesia dan juga batik Malaysia. Jika dinilai batik Malaysia vs batik Indonesia maka keduanya memiliki keunikan dan perbedaan yang cukup mencolok meskipun jika dilihat sekilas keduanya serupa.


Perbedaan paling mendasar antara batik Malaysia dan Indonesia dapat dilihat dari sejarahnya. Jika melihat dari beberapa referensi, batik Malaysia merupakan karya seni. Asal usul batik Malaysia sendiri dikatakan sebagai karya seni yang berasal dari wilayah pesisir timur Malaysia.


Sejarah batik Malaysia menyebutkan bahwa batik Malaysia adalah seni tekstil dari wilayah Kelantan, Pahang dan juga Terengganu. Teknik dalam pembuatan batik Malaysia dan juga batik Indonesia cukup berbeda.


Baca juga: Batik Sebagai Kekayaan Indonesia yang Bermakna


Teknik Pembuatan Batik Malaysia

Perbedaan lainnya antara batik Malaysia dan juga batik Indonesia terletak pada teknik pembuatan batiknya. Jika di Indonesia kita mengenal dua teknik pembuatan batik yaitu menggunakan cap dan juga tulis. Pada batik tulis, pengrajin atau seniman batik akan membuat pola dan corak batik menggunakan canting dan juga lilin.


Lain halnya dengan batik Malaysia, teknik pembuatan batik menggunakan cap dan tulis tidka dikenal. Batik Malaysia dibuat dengan cara melukis pada sebuah kain. Jika di negara kita, kita mengenal teknik ini dengan istilah mencolet dimana corak dibuat dengan menggunakan kuas pada sebuah kain.


Motif dan Corak Batik Malaysia

Dilihat dari segi motif dan corak, motif batik Malaysia dan Indonesia memiliki motif serta corak yang cukup berbeda. Batik Indonesia memiliki ratusan motif. Banyaknya wilayah di Indonesia sangat mempengaruhi hasil corak batik. Mulai dari sabang hingga ke Merauke kita akan dengan mudah menjumpai batik dengan beragam motif serta corak.


Batik Indonesia juga dibuat dengan penuh arti. Setiap motif memiliki filosofi tersendiri yang amat mendalam. Bagi orang awam, mungkin akan sulit untuk membedakan corak batik Malaysia dengan corak batik Indonesia. namun jika dicermati maka keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.


Hal yang pertama paling terlihat adalah pada segi gambar. Batik Indonesia memiliki beragam gambar dengan filosofi berbeda. Dari pulau Rote hingga Minangas, kita dapat menjumpai motif beragam. Sedangkan gambar batik Malaysia lebih condong ke corak tumbuhan dan juga bunga.


Gambar bunga batik Malaysia ini juga memiliki corak warna yang berbeda dengan batik Indonesia. batik Indonesia cenderung menggunakan warna emas, hitam dan juga cokelat. Sedangkan pada batik Malaysia, warna yang digunakan sangat kontras. Kebanyakan warna yang digunakan adalah warna merah muda, ungu dan juga hijau atau cenderung menggunakan warna yang cerah.


Harga Baju Batik Malaysia

Untuk segi harga, baju batik Malaysia memiliki harga yang cukup mahal. Oleh sebab itu, banyak penjual batik Malaysia yang memilih menggunakan teknik printing untuk menekan harga produksi. Sedangkan untuk batik Indonesia, harga yang ditawarkan tergantung dari motif, corak dan juga teknik pembuatan serta kain yang digunakan.


Batik tulis umumnya memiliki harga yang lebih tinggi. Ini karena teknik membuat batik tulis jauh lebih sulit dibandingkan dengan batik cap. Motif batik tulis juga cukup beragam dan unik sehingga lebih spesifik serta personal.


Perawatan Batik Tulis

Batik sering dijadikan sebagai pakaian untuk menghadiri acara penting. Namun seiring perkembangan waktu, kini batik dibuat dengan beragam model hingga dapat digunakan dalam keseharian. Kain batik perlu penanganan khusus agar warnanya tetap terjaga.


Untuk menjaga kualitas batik yang kita miliki sebaiknya hindari mencuci batik dengan teknik yang sembarangan. Ketika hendak mencuci batik sebaiknya gunakan air hangat. Ini karena batik umumnya dibuat dengan menggunakan bahan alami sehingga perlu ketelitian dalam mencuci batik agar tidak merusak warnanya.


Sebaiknya cuci batik dengan deterjen khusus batik atau dapat juga menggunakan buah lerak, shampoo atau juga tanaman dilem. Penggunaan lerak juga dapat menjaga batik agar tidak rusak karena aroma lerak dapat mencegah hewan kecil merusak batik. Namun jika ingin lebih praktis, maka gunakan sabun atau deterjen khusus kain batik.


Teknik perawatan batik yang kedua yaitu jangan menjemur batik di bawah sinar matahari langsung. Kain batik akan mudah rusak dan kehilangan kecantikannya jika di jemur di bawah paparan sinar matahari langsung. Sebaiknya, jemur batik di tempat yang teduh. Batik juga tidak perlu dikeringkan terlalu ekstrim. Cukup angin-anginkan batik agar kualitas coraknya tetap terjaga dengan baik.



Perawatan Baju Batik

Kain atau baju batik memang memerlukan perawatan serta perhatian khusus. Tidak hanya dalam hal pencucian namun juga penyimpanan. Agar kain atau baju batik tetap terjaga kualitasnya, sebaiknya jangan setrika kain batik secara langsung. Setelah dicuci dan kering, sebaiknya semprot kain batik menggunakan air agar tidak terlalu kusut.


Alasi baju atau kain batik dengan sehelai kain tipis sebelum mulai menyetrika. Menyetrika baju batik dengan setrika langsung dapat merusak kain batik. Sebaiknya gunakan alas untuk melapisi kain batik agar tidak bersentuhan langsung dengan panas setrika.


Setelah disetrika dengan rapi, batik harus disimpan dengan cara yang benar. Sebaiknya simpan batik dengan dilapisi plastik. Kegunaannya adalah untuk menghindari ngengat yang dapat merusak kain batik.


Anda juga dapat meletakkan beberapa butir merica yang telah dibungkus tisu pada lemari tempat penyimpanan batik. Merica ini akan menjadi bahan alami yang dapat mengusir ngengat sehingga baju batik akan awet lebih lama.


Serat kain batik juga mudah rusak apabila terkena bahan kimia serta alkohol. Sebaiknya hindari menyemprotkan parfum langsung pada kain batik terlebih lagi jika menggunakan batik dengan bahan sutera. Hal ini dapat merusak warna serta serat kain batik.


Tips Membeli Baju Batik

baju batik memerlukan perhatian khusus dalam hal perawatan dan penyimpanan. Baju batik juga merupakan salah satu fashion item yang wajib untuk dimiliki. Setiap orang pasti memiliki baju batik baik untuk digunakan sehari-hari maupun untuk acara formal.


Dalam membeli baju batik, anda juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya pilih baju batik dengan kualitas terbaik yang dibuat oleh pengrajin berpengalaman. Krajan Batik merupakan salah satu pengrajin batik tulis premium yang dapat menjadi pilihan Anda.


Dengan beragam koleksi corak batik tulis khas Cirebon, Solo, Pekalongan dan juga Lasem, Krajan batik menghadirkan baju batik tulis premium yang cocok digunakan dalam beragam suasana. Proses pembuatan batik pada Krajan batik dilakukan oleh profesional.


Pengrajin batik pada Krajan Batik adalah pengrajin lokal dimana pengerjaannya masih sangat tradisional. Dari segi kualitas kain, disini Anda akan mendapatkan batik dengan kualitas premium yang dikerjakan dengan menggunakan bahan kain sutera serta katun primis.


Proses pembuatan batik Krajan batik menggunakan alat tradisional guna mendukung pengrajin lokal. Pembuatan batik Krajan Batik memerlukan waktu paling singkat 14 hari untuk menjaga kualitas dari kain batik yang Anda terima.


Ketika Anda memerlukan kain batik untuk segala jenis suasana dan keperluan, maka Krajan Batik dapat menjadi pilihan Anda. Anda dapat melakukan pemesanan batik dengan desain khusus untuk keperluan Anda sehingga batik yang Anda miliki akan lebih personal. Pemesanan batik di Krajan Batik juga cukup mudah.


Pemesanan batik Krajan Batik dapat dilakukan dengan mengakses website resmi krajanbatik.com. Anda Juga dapat memesan batik dengan motif dan corak tertentu seperti corak bunga batik Malaysia namun tetap tidak meninggalkan kesan otentik dari batik Indonesia di krajanbatik.com. Silakan diskusikan dengan staff terbaik Krajan batik untuk mendapatkan informasi dan penawaran terbaik dari Krajan Batik.


Baca juga: Motif-Motif Batik Nusantara Yang Paling Populer


5 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua