Motif-Motif Batik Nusantara Yang Paling Populer

Batik nusantara adalah salah satu warisan budaya asli Indonesia yang hingga kini masih dilestarikan. Bahkan, batik-batik nusantara ini juga sudah mendapatkan pengakuan internasional dari UNESCO sejak tahun 2009 lalu. Batik adalah kain yang dilukis menggunakan cairan lilin malam dengan menggunakan alat canting dan kemudian masuk ke dalam proses pewarnaan. Nah, sebagian besar wilayah di Indonesia mempunyai motif batik yang khas. Setiap motif batik ini juga mempunyai kisah atau filosofi sendiri. Lantas, apa sajakah motif-motif batik nusantara yang paling populer? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Batik nusantara

1. Batik Parang Kusumo

Batik Parang Kusumo merupakan salah satu batik klasik yang berasal dari kota Solo. Batik yang satu ini mempunyai ragam hias utama yang terlihat seperti ombak lautan yang seperti menghantam tebing dan juga karang tanpa lelah. Selaras dengan analogi tersebut, batik Parang Kusumo mempunyai arti bahwa kehidupan harus disertai dengan usaha dan perjuangan yang tanpa henti. Perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh agar manusia bisa mencapai keharuman lahir dan juga batin. Untuk orang Jawa, keharuman tersebut artinya adalah keharuman pribadi dengan tetap menjunjung tinggi norma dan juga sopan santun yang berlaku di masyarakat.


2. Batik Mega Mendung

Motif batik nusantara selanjutnya yang begitu populer adalah batik Mega Mendung. Batik yang satu ini berasal dari daerah Cirebon. Batik ini memiliki motif yang menyerupai awan yang menyimpan segudang makna dan filosofi yang mendalam. Motif batik Mega Mendung ini mengisyaratkan nilai kesabaran. Dalam batik Mega Mendung ini setiap polanya wajib memiliki tujuh gradasi warna yang menjadi pelapisnya. Gradasi yang ada pada batik ini juga sesuai dengan tujuh lapisan gradasi yang ada pada langit. Mendung dalam motif batik ini menggambarkan kehidupan manusia dengan sifat sabar dan juga tidak mudah marah.


3. Batik Sidomukti

Batik Sidomukti adalah salah satu jenis batik dari sekian banyak batik yang berasal dari keraton Solo, Jawa Tengah. Batik Sidomukti ini pada umumnya terbuat dari zat pewarna soga alam. Warna soga atau coklat yang terdapat pada kain batik sidomukti adalah warna khas batik tradisional dengan ciri khas motif asli dan juga kuno. Sesuai dengan namanya, batik yang satu ini berasal dari kata “sido” yang memiliki arti jadi atau menjadi atau yang bisa dikatakan juga terus menerus sedangkan “mukti” sendiri memiliki arti mulia dan juga sejahtera.


4. Batik Singa Barong

Satu lagi motif nusantara yang populer dan berasal dari Cirebon adalah batik Singo Barong. Ditelisik dari nama dan juga sejarahnya, singo barong adalah salah satu binatang mitologis atau ajaib. Di dalam budaya dan kepercayaan Jawa ataupun Bali, kata “barong” memiliki makna ajaib. Oleh karena itu, batik singo barong ini mempunyai filosofi sebagai wujud atau simbol-simbol yang memiliki sifat spiritual.


5. Batik Tujuh Rupa

Anda tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kota Pekalongan yang mana merupakan salah satu kota yang memang sudah terkenal dengan kerajinan batiknya. Pekalongan juga merupakan salah satu pusat batik di Indonesia. Ada berbagai macam batik yang bagus dan elegan yang berasal dari kota Pekalongan. Batik dari kota Pekalongan ini adalah salah satu Batik pesisir yang paling banyak memiliki aneka warna. Ciri khas dari batik Pekalongan adalah motifnya yang didominasi oleh tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. Disamping mempunyai motif bunga yang berwarna cerah, ciri khas lain dari batik Pekalongan ini adalah motif garis dan juga titik pada setiap batiknya.


6. Batik Lasem

Batik Nusantara berikutnya yang juga populer di Indonesia adalah batik Lasem yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lasem ini juga dipercaya sebagai wilayah yang pertama kali menerima kedatangan warga China di Indonesia pada zaman kekuasaan Laksamana Cheng Ho. Batik Lasem ini mempunyai motif yang cukup berbeda dari motif batik dari daerah pesisir lainnya. Motif batik Lasem ini memiliki warna yang berani dan juga mencolok. Disamping mempunyai gaya kombinasi yang seirama antara gaya China dan juga Jawa. Batik lasem ini terbuat dari perpaduan dua budaya. Batik yang satu ini lebih didominasi dengan warna merah yang kaya akan nuansa China.


Batik nusantara

7. Batik Sekar Jagad

Kota Solo dan Yogyakarta memang merupakan dua kota yang terkenal sebagai penghasil batik nusantara. Salah satu batik pedalaman yang terkenal dari Yogyakarta dan Solo adalah batik Sekar Jagad. Batik Sekar Jagad ini artinya adalah keindahan yang bisa membuat siapapun yang memandang dan melihatnya terpesona akan keindahannya. Kata “kar” pada sekar memiliki makna peta dan diambil dari bahasa Belanda, sedangkan kata “jagad” memiliki makna dunia dan berasal dari bahasa Jawa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa batik sekar jagad ini melambangkan keanekaragaman yang ada di Indonesia dan juga dunia. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa motif batik sekar jagad ini adalah peta dunia karena bentuk motifnya yang mirip dengan pulau-pulau.


8. Batik Sidoluhur

Batik nusantara yang tak kalah populer adalah batik Sidoluhur yang berasal dari kota Solo. Batik yang satu ini merupakan batik yang biasanya digunakan para pengantin wanita ketika malam pengantinnya. Dalam bahasa Jawa, Sido ini memiliki arti jadi atau menjadi. Sementara itu, luhur memiliki arti yang terhormat atau bermartabat. Jadi, dapat diartikan bahwa batik Sidoluhur ini adalah sebuah perwujudan doa sang empunya atau pemakai batik agar memiliki jasmani serta rohani yang sehat dan bisa menjadi orang yang terhormat sekaligus bermartabat.


9. Batik Pring Sedapur

Tidak hanya terkenal dengan wisata alam telaga Sarangan, kota Magetan juga terkenal dengan keindahan batiknya yaitu batik Pring Sedapur. Batik yang satu ini terkenal dengan motif yang simpel dan juga sederhana. Motif batik ini di dominasi dengan tanaman pring atau bambu yang dikombinasikan dengan hiasan burung. Walaupun demikian, batik pring sedapur ini memiliki makna serta filosofi yang mendalam. Motif bambu yang mendominasi batik yang satu ini memiliki makna kehidupan yang rukun dan juga tentram. Bagus sekali bukan, makna yang terkandung dalam motif batik nusantara yang satu ini?


10. Batik Kawung

Pecinta batik pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu batik tertua asal Yogyakarta ini. Ya, batik tersebut adalah batik Kawung. Batik tradisional yang begitu populer ini memiliki motif yang menyerupai buah aren atau kolang-kaling yang disusun secara simetris pada keempat sudut persegi. Menurut banyak penelitian, motif batik kawung ini sudah ada sejak abad ke-9 lalu. Menurut cerita turun temurun yang beredar, batik Kawung ini telah ada dan berkembang sejak zaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Salah satu filosofi dari batik kawung ini adalah pengendalian diri yang sempurna serta hati yang bersih.


11. Batik Priyangan

Batik Priyangan juga merupakan salah satu batik nusantara populer yang berasal dari Tasikmalaya. Batik yang satu ini terkenal dengan motif atau coraknya yang rapi, rapat, elegan dan juga berkelas tentunya. Pada umumnya, batik Priyangan ini memiliki motif rumput dan juga tumbuh-tumbuhan yang mendominasi. Motif tersebut menjadi ciri khas utama dari batik priyangan. Makna dari batik priyangan ini adalah semangat dalam kesederhanaan, terbuka, pluralis, dan juga menampilkan kesan yang lucu nan imut yang senada dengan citra wanita sunda.


12. Batik Tambal

Batik tambal merupakan salah satu batik nusantara populer yang berasal dari Yogyakarta. Batik tambal ini memiliki makna untuk menambal sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang memang sudah rusak. Pada zaman dahulu kala, banyak orang yang yakin bahwa kain batik tambal ini bisa membantu menyembuhkan orang yang sedang sakit. Caranya adalah dengan menyelimuti orang yang sedang sakit dengan menggunakan kain batik ini.


Nah, demikianlah motif-motif batik nusantara yang populer di Indonesia. Namun, bagi anda yang ingin membuat kain batik dengan desain unik yang berbeda dengan motif batik lainnya, atau ingin kain batik nusantara yang anti mainstream, maka anda bisa memesannya di http://krajanbatik.com/. Krajan batik merupakan pusat pembuatan batik tulis yang ada di Semarang yang bisa mengerjakan aneka pesanan kain batik. Jadi, apabila anda sedang mencari atau membutuhkan batik nusantara dengan motif atau desain yang unik dan berbeda dari kebanyakan batik lainnya, maka anda bisa memesannya langsung melalui Krajan Batik.


Baca juga: Batik Sebagai Kekayaan Indonesia yang Bermakna



1 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua