Mengenal Macam-Macam Batik dan Penjelasannya

Sudah tahukah Anda mengenai macam-macam jenis batik yang ada di Indonesia? pasti sebagian dari Anda masih banyak yang belum mengetahuinya bukan? melalui artikel ini Anda bisa melihat berbagai informasi tentang macam macam batik. Berikut ini simak ulasannya.


macam-macam batik

1. Batik Tujuh Rupa

Pekalongan menjadi salah satu daerah yang bisa dibilang dikenal sebagai tempat pengrajin batik. Selain itu, motif batik pekalongan juga berbeda dengan motif-motif batik dari daerah lain. Di mana untuk motif batik dari daerah Pekalongan ini pada biasanya akan didominasikan dengan motif-motif seperti tumbuhan atau hewan.


Salah satu contoh motif batik dari Pekalongan adalah batik tujuh rupa, yang mana motif yang terdapat pada batik tersebut sangat kental dengan nuansa alam. Untuk filosofi dari batik tujuh rupa ini yakni dari kebudayaan leluhur, yang mana pada jaman dahulu kota Pekalongan ini menjadi salah satu wilayah transit perdagangan.


2. Batik Parang Kusumo

Selain Pekalongan, Solo juga menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan berbagai macam-macam batiknya. Daerah ini tidak hanya memiliki satu jenis batik saja, melainkan Solo memiliki banyak jenis batik dengan motif yang indah.


Jenis atau macam macam batik Solo yang paling terkenal adalah batik Parang Kusumo, yang mana motifnya ini berupa seperti gulungan ombak yang sedang menghantam tebing dan juga karang tanpa lelah. Lalu, filosofi dari batik ini cukup menyentuh, yang mana hidup harus dilandasi dengan perjuangan dan juga usaha sehingga dapat mencapai kemakmuran lahir batik dan juga mengindahkan nilai-nilai kebudayaan Jawa.


3. Batik Sidomukti

Batik Sidomukti ini juga berasal dari Solo dan menjadi salah satu jenis batik Keraton, yang mana dilukis langsung dengan menggunakan zat pewarna soga alam. Sedikit informasi mengenai hal ini, zat soga alam adalah pewarna alami yang berwarna coklat dan menjadi pewarna klasik sebagai bahan seni lukis batik.


Setiap jenis batik tentu saja memiliki filosofi tersendiri dan ini sama halnya pula dengan jenis kain batik Solo yang satu ini. Di mana sesuai dengan namanya kata “sido” memiliki arti menjadi atau jadi, sedangkan untuk kata “mukti” yang berarti mulia dan sejahtera. Untuk itu, bisa dikatakan pula bahwa filosofi dari batik Solo ini merupakan nilai kemuliaan dan juga sejahtera, yang mana sesuai dengan yang diperuntukkan keraton.


4. Batik Singa Barong

Berikutnya ada juga batik singa barong dari Cirebon. Tahukah Anda filosofi dari batik singa barong ini? Di mana untuk filosofinya diambil pula berdasarkan sesuai namanya yakni makhluk mitologi yang bersifat spiritual. Oleh karena itu, motif dari kain batik yang satu ini tentu saja tidak terlepas dari sosok makhluk mitologi.


5. Batik Sekar Jagad

Seperti yang Anda ketahui bahwa kain batik Indonesia ini memiliki banyak jenis dan berbagai macam motif salah satunya batik Sekar Jagad. Di mana untuk motif batik yang satu ini merupakan jenis batik dengan motif yang begitu unik sehingga membuat banyak orang yang melihatnya menjadi terpesona.

Bagaimana tidak? Motif yang ditawarkan pada kain batik tersebut melambangkan pula keragaman nusantara dan juga dunia. Selain itu, ada pula yang menilai bahwa motif dari jenis batik ini berbentuk seperti menyerupai sebuah pulau.


6. Batik Mega Mendung

Selanjutnya ada pula batik mega mendung asal Cirebon. Di mana motif dari batik ini sangat unik dan lucu layaknya seperti sebuah gumpalan awan yang terbentang di langit yang luas. Selain itu, motif dari gumpalan awan ini juga dipercantik dengan menggunakan berbagai warna gradasi sehingga menciptakan pula nuansa langit yang sedang mendung.


Motif dari kain batik Cirebon ini disesuaikan pula dengan namanya, yang mana kata “Mega” berarti awan, sedangkan “Mendung” memiliki arti langit kelabu yang menandakan akan turun hujan. Untuk itu, filosofi dari batik tersebut merupakan manusia harus dapat meredam amarahnya dalam situasi apapun dan kondisi apapun.


7. Batik Lasem

Batik lasem menjadi salah satu jenis batik yang berasal dari daerah Lasem, Kab. Rembang. Jenis batik ini bisa dikatakan hampir mirip dengan jenis batik Pekalongan, akan tetapi batik Lasem ini termasuk pula ke dalam macam macam batik, yang mana mendapatkan pengaruh dari kebudayaan luar.


Jadi, daerah Lasem ini menjadi daerah yang pertama kali diketahui menerima kedatangan para Tionghoa dan inilah menjadi salah satu alasan mengapa warna jenis batik ini didominasi dengan warna merah. Namun, untuk filosofi dari jenis batik Lasem tersebut menggambarkan persatuan dan juga akulturasi dari para Tionghoa sebagai pendatang dengan masyarakat setempat.


8. Batik Tambal

Untuk motif dan juga filosofi dari batik ini diambil pula dari namanya yakni “tambal” yang mana memiliki arti sebuah fungsi untuk bisa menambal sesuatu yang rusak ataupun kurang. Motif tambal ini berasal dari Yogyakarta dan menjadi jenis batik yang terkenal dari dari kota Jogja.


Selain itu, jenis batik ini juga memiliki filosofi, yang mana pada zaman dahulu, batik tambal ini digunakan oleh orang-orang untuk menyelimuti orang yang sedang sakit, karena saat itu dipercaya bisa membantu kesembuhannya.


macam-macam batik

9. Batik Priyangan

Berbicara mengenai macam macam kain batik tentu sangat banyak kali, terlebih lagi kain batik Indonesia. Jadi, ada salah satu jenis batik dengan motif yang bagus, rapi dan memiliki warna yang cerah akan tetapi kalem pada saat dilihat yaitu batik priyangan, yang mana batik ini berasal dari Tasikmalaya. Warna cerah yang terdapat pada batik ini melambangkan pula kesan kesederhanaan, pluralis dan juga terbuka.


10. Batik Sidoluhur

Selain batik parang kusumo dan batik sidomukti, kini ada pula batik sidoluhur yang berasal dari Solo. Di mana jenis batik ini pada biasanya diperutukkan untuk prosesi pernikahan, karena batik sidoluhur ini digunakan oleh pengantin wanita pada saat malam pengantin. Untuk filosofi dari batik tersebut merupakan sebuah bentuk doa kepada si pemakainya sehingga senantiasa menjadi seseorang yang terhormat dan juga bermartabat.


11. Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur ini memang memiliki motif yang terbilang cukup sederhana, akan tetapi menjadi jenis kain batik yang bagus dan indah, karena memiliki paduan warna yang menarik. Untuk motif dari batik Pring Sedapur ini didominasikan oleh bamboo dan juga burung, yang mana menyimbolkan sebuah ketentraman kehidupan dan kerukunan.


12. Batik Jagatan Pisang

Batik jagatan pisang atau disebut juga dengan batik pisang merupakan salah satu jenis batik asal Bali. Jadi, sesuai dengan nama dari batik tersebut, yang mana batik ini memang memiliki motif pisang Bali. Pada umumnya, jenis batik seperti ini digunakan orang sebagai pemberian untuk sang kekasih yang akan berpergian jauh dan harapan bahwa ia akan kembali lagi. Untuk itu, bisa dikatakan pula bahwa motif dari batik ini merupakan sebuah simbol doa, harapan dan keselamatan bagi si penerimanya.


13. Batik Ulamsari Mas

Jika batik Jagatan Pisang seperti di atas diperuntukan untuk sang kekasih, tentu beda halnya dengan batik Ulamsari mas ini, yang mana sama-sama berasal dari Bali. Di mana batik jenis ini memiliki motif seperti udang dan ikan dan mewakili mata pencaharian masyarakat Bali sebagai seorang nelayan.

Tidak hanya itu saja, batik ulamsari mas ini juga memiliki filosofi makna tentang kesejahteraan dan juga kemakmuran bagi masyarakat Bali yang hidup di pesisir pantai.


14. Batik Garutan

Batik garutan asal Garut ini memiliki ciri khas motif yang unik yaitu berbentuk seperti geometris dan juga flora fauna. Untuk warnanya didominasi dengan warna krem serta dipadukan dengan warna-warna yang cerah.


15. Batik Tubo

Ternate juga memiliki batik khasnya yaitu batik Tubo. Di mana untuk motif dari batik Tubo ini berbentuk seperti cengkeh, kelapa, karan, ikan, pala, peta Maluku Utara hingga unsur-unsur kehidupan yang memang terdapat di Indonesia bagian Timur.


Selain itu, untuk mengetahui berbagai koleksi batik masa kini maka Anda juga bisa mengunjungi langsung Krajanbatik.com. Di mana Krajan Batik merupakan pembuat batik tulis di Semarang, mendesain menjadi pakaian jadi dan sebagainya. Disini kami juga akan mewujudkan batik dengan berbagai motif batik khas daerah seperti Solo, Pekalongan, Lasem, Cirebon dan lainnya.


Jadi, agar bisa mengetahui lebih detail tentang koleksi dan macam macam jenis batik maka Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Krajan Batik sehingga bisa mendapatkan informasi terlengkapnya seputar dunia batik yang tersedia disana.


Itu dia informasi tentang macam macam batik yang dapat Anda lihat seperti diatas. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat buat Anda!


4 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua