Melihat Penggunaan Batik Dalam Kreasi Modern

Penggunaan Batik dalam kreasi modern menjadi semakin banyak dari tahun ke tahun. Bahkan, anggapan baju batik sebagai pakaian formal sudah jarang ditemui di masyarakat. Hal ini dikarenakan penggunaan batik dalam kreasi modern dan media mainstream sudah banyak dilakukan.


Batik memang merupakan budaya Indonesia yang sudah ditemukan jauh sebelum negara ini merdeka. Berdasarkan I Ware Batik, jejak sejarah tentang batik yang paling tua ditemukan di Toraja, Sulawesi Selatan pada tahun 5000 sebelum masehi hingga abad pertama.


Jadi tak heran jika UNESCO menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya dari leluhur dunia yang sudah sangat tua.


Dan sebagai masyarakat asli Indonesia, kita perlu melestarikan budaya ini dengan cara terus menggunakan batik baik untuk acara-acara formal maupun acara sehari-hari.


batik dalam kreasi modern

Motif-Motif Batik dalam Kreasi Modern


Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, saat ini menggunakan baju batik bukan hanya dilakukan ketika ke acara undangan atau hajatan saja. Karena sudah banyak motif batik dalam kreasi modern yang terlihat lebih santai dan informal.


Nah, berikut ini adalah beberapa motif batik yang sering digunakan dalam kreasi modern dan cocok untuk digunakan dalam pakaian casual.

Batik Motif Merak

Beberapa dari Anda pasti sudah pernah melihat motif batik merak ini digunakan dalam media kaos. Biasanya, motif ini ditemukan di pakaian wanita baik yang santai maupun formal.


Batik motif merak ini terlihat casual dan modern karena motifnya yang tidak terlalu kaku. Selain itu, batik bermotif merak memiliki warna cerah seperti merah, kuning, dan putih.


Motif batik merak juga memiliki arti filosofis di baliknya. Motif batik ini menggambarkan sebagai sebuah kecantikan yang abadi layaknya burung merak. Selain itu, batik ini juga menggambarkan sebagai seorang yang tangguh dan elegan seperti bagaimana burung merak jantan yang tidak ingin diremehkan oleh pesaingnya dalam menjadi jodoh.

Batik Motif Bunga

Untuk motif yang satu ini pastinya Anda juga sudah pernah melihatnya. Karena motif bunga merupakan motif batik yang paling mainstream dan paling banyak dibuat di Indonesia. Saking banyaknya, motif batik seperti ini sudah bisa ditemukan di berbagai macam produk fashion. Baik baju, tas, jaket, topi, dan masih banyak lagi.

Batik motif bunga juga memiliki banyak jenis, di antaranya:

  • Motif bunga anyelir

  • Motif bunga anggrek

  • Motif bunga teratai

  • Motif bunga plum

  • Motif bunga chrysanthemum

Dan semua motif batik bunga memiliki makna filosofis yang kurang lebih sama. Yaitu tentang keindahan dan arti dari bunga itu sendiri. Misalnya bunga anyelir yang artinya kekaguman, cinta dan kasih sayang.


Baju dan produk fashion yang memiliki motif batik bunga juga tidak hanya cocok digunakan oleh wanita. Karena pria pun cocok menggunakan barang-barang dengan motif batik seperti ini. Walaupun memang ada beberapa motif batik bunga tertentu yang lebih cocok untuk wanita, contohnya motif bunga plum.

Motif Batik Parang

Motif batik dalam kreasi modern yang terakhir dan yang juga banyak ditemui adalah motif batik parang. Walaupun pada awalnya batik ini hanya boleh digunakan untuk keluarga keraton, namun sekarang mulai banyak pakaian yang menggunakan motif serupa.


Karena tidak ada unsur-unsur maupun elemen feminim di dalamn nya, motif batik parang ini cocok sekali digunakan oleh pria.


Dikutip dari Wikipedia, motif batik ini memiliki arti sebagai kegigihan dan tekad untuk tidak pernah menyerah dalam melakukan apapun.


Baca juga: 12 Tahapan dalam proses pembuatan batik tulis

Kegunaan Batik dalam Media Modern

Batik dalam kreasi modern bukan hanya digunakan untuk bahan busana formal saja. Walaupun masih banyak baju batik untuk undangan seperti yang biasa Anda temui, namun model baju dan kebaya seperti itu bukan satu-satunya yang bisa Anda beli.

batik modern

Nah, berikut ini kami akan membagikan apa saja media yang digunakan untuk batik dalam kreasi modern.

1. Dress

Kebaya bermotif batik memang sudah biasa digunakan untuk acara hajatan atau undangan. Tapi sekarang, ada jenis fashion wanita yang tidak kalah keren bila menggunakan motif batik, yaitu dress.

Dress memang salah satu jenis pakaian yang berasal dari budaya luar negeri. Kebanyakan orang menggunakan baju seperti ini ketika ada acara besar seperti pesta pernikahan, ulang tahun atau acara-acara formal di kantor.


Walaupun sangat identik dengan budaya luar negeri, bukan berarti Anda tidak bisa melestarikan budaya asli Indonesia ketika menggunakan baju seperti ini.


Dress dengan motif batik juga tidak terlihat mencolok dan terkesan formal. Justru, Anda bisa menggunakan model pakaian seperti ini untuk acara-acara casual atau acara santai.

2. Jas Pria

Selain dress, batik juga sangat cocok untuk dijadikan sebuah jas untuk pria. Namun porsi motif batik pada jas tidak sebanyak pada dress wanita.


Jas batik biasanya hanya memiliki motif di bagian dalam dan kerah tangannya saja. Dalam beberapa model batik, ada juga yang memiliki motif di daerah tangan dan badan.


Jas bermotif batik ini khusus digunakan untuk acara informal saja. Misalnya seperti acara pernikahan teman atau ketika acara di luar ruangan yang perlu menggunakan jas. Karena untuk acara-acara formal seperti meeting dengan klien, Anda tetap harus menggunakan jas hitam seperti biasa.

3. Hijab Batik

Selanjutnya untuk para wanita berhijab, kini sudah banyak pula model hijab batik yang bisa Anda gunakan untuk acara apapun. Dan harga hijab batik ini juga sangat terjangkau bahkan tidak jauh berbeda dengan model hijab lainnya.


Layaknya model hijab lain, hijab batik ini juga tersedia dalam 2 bentuk. Yang pertama adalah model hijab segitiga dan yang kedua adalah model hijab instan alias langsung pakai.


Model hijab batik ini juga cocok untuk digunakan dengan pakaian apapun. Anda tidak wajib menggunakan kebaya atau pakaian bermotif batik lagi bila ingin menggunakan hijab bermotif batik.

Namun agar model batik dan baju terlihat selaras, kami sarankan gunakan baju dengan warna gelap atau cari warna yang matching dengan warna hijabnya.

4. Kaos Batik

Pakaian batik dalam kreasi modern yang satu ini sebenarnya sudah lama ditemukan. Namun penggunaan kaos batik menjadi trending kembali akibat kampanye dari salah satu artis sekaligus musisi yang cukup terkenal, yaitu Iga Massardi.


Hampir dalam setiap kesempatan, Iga Massardi menggunakan kaos batik dalam berbagai macam motif. Termasuk juga ketika sedang tampil di atas panggung.


Hal ini membuat banyak orang sadar bahwa ternyata kaos batik bisa terlihat casual dan mengikut jaman.


Bukan hanya itu, kaos batik juga bisa digunakan sehari-hari untuk pakaian rumahan. Dengan begitu Anda bisa tetap melestarikan budaya asli negara sendiri walaupun hanya untuk diri sendiri.

Seperti itulah berbagai macam motif dan penggunaan batik dalam kreasi modern. Sekali lagi perlu ditekankan, batik bukan hanya bisa digunakan untuk pakaian formal seperti kemeja dan kebaya saja. Tidak ada salahnya Anda menggunakan dress, hijab maupun kaos batik untuk main maupun acara informal lainnya.


Mencari Batik Tulis Premium dan Modern


Gypsy Bridal & Krajan Batik adalah menyediakan Batik Tulis Premium dalam balutan modern. Bila anda ingin berkonsultasi dulu untuk desain batik untuk anda silahkan menghubungi nomor WhatsApp di situs kami.


Baca juga : Apa itu batik tulis dan jenis-jenisnya

2 tampilan