Rekomendasi Motif Batik Modern yang Cocok dijadikan Baju

Batik adalah salah satu identitas budaya milik Indonesia. Kehadirannya di tengah-tengah masyarakat ternyata memiliki peranan cukup penting untuk memenuhi kebutuhan sandang. Oleh karena itu, batik mengalami pembaruan dari masa ke masa mengikuti trend perkembangan zaman. Inovasi yang dilakukan adalah membuat motif batik modern.


Pola-pola yang dilukiskan pada batik modern tidak sepenuhnya mengikuti standar motif batik tradisional. Jadi, batik tradisional dan batik modern memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda. Lalu apa saja motif batik modern yang kini tersebar dan diminati oleh masyarakat? Simak informasi mengenai contoh motif batik modern dan bagaimana batik modern bisa diaplikasikan pada kebutuhan sandang warga Indonesia.

Rekomendasi Motif Batik Modern yang Cocok dijadikan Baju

Contoh Motif Batik Modern

Motif batik tradisional kini banyak digemari masyarakat umum karena memiliki kesan yang lebih santai namun tetap memberikan sentuhan formal. Motif-motif batik modern rupanya tidak hanya berasal dari wilayah Jawa saja, tetapi ada beberapa motif yang berasal dari wilayah lain. Simak dan temukan motif batik modern favorit Anda di bawah ini:


1. Motif Batik Modern Khas Bali

Salah satu wilayah yang populer dengan keindahan pantai dan alamnya di ranah internasional ternyata juga mengembangkan batiknya sendiri. Bali membuat batik dengan motif yang tidak mengikuti pakem perbatikan Solo - Yogyakarta.


Guratan pola yang dilukiskan pada kain batik Bali memiliki keunikan tersendiri karena memunculkan beberapa lambang yang bisa mewakili daerah tersebut. Contohnya seperti gambaran barong yang terinspirasi dari kebudayaan setempat. Selain itu, motif-motif yang digunakan juga berupa hewan-hewan seperti burung bangau dan rusa atau hal imajinatif seperti naga.


2. Motif Batik Modern Khas Betawi

Batik hasil produksi Betawi ternyata merupakan hasil dari akulturasi antara tiga budaya yaitu Arab, China dan India. Itulah alasan mengapa motif batik betawi memiliki visual yang lebih berwarna-warni jika dibandingkan batik tradisional. Warna-warna yang digunakan cukup variatif yaitu biru, kuning, cokelat, merah, putih dan hijau. Pewarnaannya pun bergantung dengan pola yang tergambar pada kain. Umumnya motif yang digunakan adalah tumbuh-tumbuhan.


3. Motif Batik Modern Khas Cirebon

Tidak seperti daerah lain yang ada di daftar contoh batik modern ini, ternyata batik Cirebon motifnya dikategorikan menjadi dua jenis yang berbeda. Jadi, Cirebon memiliki batik dengan corak yang mirip dengan batik keraton karena terdapat ornamen-ornamen serta penggunaan warna sogan dan emas kecoklatan. Kemudian, Cirebon juga memiliki motif pesisir di mana motifnya tidak menggambarkan atau mencontoh seperti produk batik keraton.


Motif batik modern khas Cirebon ini umumnya digambarkan dengan berbagai unsur flora dan fauna, contohnya seperti kupu-kupu maupun ikan. Pengaplikasian warna versi motif modern pun terkesan lebih hidup karena menggunakan warna yang cerah seperti merah, biru, hijau dan putih.


4. Motif Batik Modern Khas Madura

Madura yang merupakan wilayah dari bagian timur Jawa turut menyumbang kreasi motif batik modern. Ciri khas yang dimiliki dari segi motif, kain batik asal Madura ini sering memanfaatkan keindahan alam seperti tumbuh-tumbuhan. Warna yang digunakan pun cukup kontras. Umumnya, pada bagian dasar, batik khas madura akan menggunakan warna gelap seperti hitam atau biru dongker. Kemudian untuk warna yang digunakan untuk ornamen-ornamen adalah warna cerah seperti kuning, biru muda, merah muda dan sebagainya.


5. Motif Batik Modern Khas Malang

Kota Malang yang terkenal akan apelnya itu ternyata juga memiliki produk batik modern. Pada umumnya, motif batik modern khas malang menggunakan tumbuh-tumbuhan seperti bunga teratai, dele kecer, swat kembang pring, celaket, kucewara dan kembang juwet.


6. Motif Batik Modern Khas Papua

Papua menginovasikan motif batik modernnya dengan apik. Penggunaan warnanya tidak monoton dan terkesan lebih ceria. Pasalnya, warna yang digunakan adalah hijau, merah, ungu, biru dan warna lainnya.


Hal yang membedakan dengan motif batik modern lainnya adalah motif yang digunakannya tidak mainstream. Batik Papua menggunakan gambaran etnik untuk memperindah batik tersebut. Contohnya seperti burung Cendrawasih bahkan sampai buaya pun juga turut menjadi motif yang digunakan batik Papua.


7. Motif Batik Modern Khas Pekalongan

Batik Pekalongan adalah salah satu jenis batik yang populer. Banyak masyarakat menjadikannya sebagai kemeja karena motifnya yang apik. Diketahui bahwa batik pekalongan tidak menggunakan aturan dari blue print batik terdahulunya sehingga bisa dikategorikan sebagai motif batik modern.


Hal ini bisa dilihat dari bagaimana motif dan penggunaan warna yang diaplikasikan pada jenis batik ini Pada umumnya, batik pekalongan banyak menggunakan pola-pola dari tumbuhan dengan ditambahkan ornamen garis dan titik. Warna yang digunakan pun merupakan warna-warna yang tidak netral dan cenderung cerah.


Baca juga: Inspirasi Motif Batik untuk Beragam Keperluan Anda


Pakaian yang Cocok Menggunakan Kain Motif Batik Modern

Kain motif batik modern kini menjadi banyak pilihan sehingga menjadi sebuah komoditi yang tidak akan pernah mati. Hal ini dapat terjadi karena motif yang digunakan tidak melulu itu-itu saja melainkan ada kreasi dan improvisasi dari kultur setempat.

Pakaian yang Cocok Menggunakan Kain Motif Batik Modern

Sebelum berbicara mengenai kualitas, Anda sebaiknya mengetahui perbedaan teknik pembuatan batik. Pembuatan batik dapat dilakukan melalui dua cara yaitu dilakukan secara manual (batik tulis) dan menggunakan alat cap yang telah didesain dengan pola tertentu. Jadi, motif batik modern pun bisa diproduksi secara manual.


Perbedaan teknik pembuatan ini juga mempengaruhi bagaimana visual batik itu sendiri. Jadi, pastikan Anda memilih dan memutuskan kain batik yang akan digunakan sebagai busana. Nah, berikut adalah beberapa opsi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi penggunaan kain batik bermotif modern.


1. Dress One Piece

Busana one piece sendiri sebenarnya memiliki berbagai jenis seperti kaftan, gamis maupun dress. Tapi pada umumnya kain motif batik modern di kalangan masyarakat digunakan untuk bahan dress terusan.


Jika Anda tidak suka dengan gaya terusan yang terlalu polos dan itu-itu saja namun tidak suka jika terlalu ramai, maka Anda bisa mengkreasikan batik one piece dengan tambahan zipper di bagian depannya. Seperti salah satu koleksi dress one piece milik Krajanbatik yang memiliki kesan lebih kekinian dan tidak plain.


2. Kemeja

Jenis pakaian ini merupakan pilihan yang paling universal untuk menjadikan kain batik sebagai bahan kemeja. Baik wanita maupun pria bisa menggunakan kemeja batik. Supaya tidak monoton, Anda bisa memadukannya dengan kain polos dengan warna yang kontras. Misal Anda menggunakan kain batik pekalongan yang background bajunya didominasi warna gelap, maka Anda bisa menggunakan kain polos untuk membuat kain batik menjadi stand out.


Baca juga: Melihat Penggunaan Batik Dalam Kreasi Modern


Demikianlah informasi terkait motif batik modern yang bisa Anda gunakan sebagai pakaian kasual maupun formal. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan jenis motif apa yang akan digunakan pada pakaian Anda. Pastikan untuk memilih vendor desain dan menjahit yang tepat seperti Krajan Batik agar dapat membuat Anda semakin percaya diri.


Sumber:

https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4730539/7-batik-modern-yang-terinspirasi-dari-budaya-nusantara

https://my-best.id/137385




2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua