Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pre Wedding

Ketika sedang merencanakan pernikahan, Anda pasti ingin mengenal pre wedding lebih jelas lagi. Karena walaupun sudah sering melihat foto-foto pre wedding, tidak banyak orang yang mengerti maksud dan tujuan berfoto sebelum menikah.


Kita semua pasti tahu foto pre wedding sebenarnya adalah foto yang dilakukan dengan konsep tertentu bersama calon pasangan beberapa hari atau minggu sebelum menikah. Kebanyakan dari kita hanya tahu foto pre wedding adalah foto yang digunakan untuk pajangan ketika hari pernikahan nanti.


Tapi faktanya pre wedding bukan hanya sekedar foto saja. Oleh karena itu mari kita mengenal pre wedding dengan lebih jelas dalam pembahasan berikut ini.

pre wedding

Mengenal Pre Wedding Berdasarkan Artinya?


Secara bahasa, pre-wedding bisa diartikan sebagai masa-masa pra-pernikahan, artinya adalah masa ketika Anda belum menikah.


Namun di Indonesia, pre-wedding lebih dikenal sebagai sebuah sesi foto untuk calon mempelai yang mana dilakukan sebelum pernikahan. Walaupun sebenarnya, sesi seperti ini lebih tepat jika disebut pre-wedding photo session dibandingkan dengan pre-wedding saja.


Dikutip dari situs Jumi Story, pre-wedding photo session pertama kali dilakukan di Asia. Para mempelai akan berfoto dengan berbagai macam pakaian sesuai dengan konsep yang mereka inginkan.

Nantinya, foto hasil pre-wedding photo session ini akan dipajang sebagai desain undangan maupun di fasad pintu masuk gedung pernikahan.

Tapi seperti yang sudah dikatakan tadi, pre-wedding bukan hanya sekedar foto saja. Masih ada banyak lagi hal yang terjadi dalam masa pre-wedding.


Salah satu contoh yang lain adalah pre-wedding anxiety, yaitu sebuah keadaan dimana mempelai merasa cemas dan gelisah ketika mendekati hari-H pernikahan. Seperti yang Anda semua ketahui, perasaan seperti sangatlah normal, mengingat Anda akan menghadapi hari besar yang sangat penting dalam kehidupan.


Dikutip dari situs Web MD, pre-wedding anxiety dirasakan oleh hampir semua calon pasangan. Baik mempelai pria maupun wanita.


Dan kondisi kecemasan ini bisa dicegah dengan banyak hal. Contohnya dengan menyibukan diri melakukan kegiatan yang berhubungan dengan persiapan pernikahan, berolahraga, meminum ramuan herbal, dan sebagainya.

Apakah Foto Pre-Wedding Penting?


Setelah mengenal pre-wedding berdasarkan artinya, sekarang kita akan kembali membahas masalah pre-wedding photo session.


Banyak orang yang mungkin sudah merencanakan akan melakukan foto pre wedding ketika ia akan menikah. Namun tidak sedikit pula yang merasa foto ini cenderung tidak berguna dan hanya membuang-buang uang saja.


Mengingat jika hanya berfoto, mereka bisa berfoto kapanpun diinginkan menggunakan kamera HP yang hasilnya tidak kalah dengan kamera profesional.


Jika Anda berpikiran seperti itu, berikut ini kami akan jelaskan sedikit mengenai manfaat foto pre wedding yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Foto Pre-Wedding Bisa Menjadi Perkiraan Hasil Foto di Acara Pernikahan

Jika Anda ingin menyewa fotografer di hari pernikahan nanti, membuat pre-wedding photo session dengan fotografer yang sama bisa menjadi perkiraan bagaimana hasil foto di hari-H nanti.


Kalau memang Anda tidak cocok, masih ada waktu untuk mencari fotografer lain yang hasilnya cocok dengan selera masing-masing. Dengan begitu Anda tidak akan merasa kecewa karena momen paling membahagiakan seumur hidup tidak bisa diabadikan dengan baik hanya karena fotografer yang tidak sesuai keinginan.


Sebelumnya perlu Anda ketahui, setiap fotografer punya style atau ciri khas pengambilan foto masing-masing. Jika ada fotografer yang hasil fotonya tidak sesuai dengan keinginan Anda, bukan berarti ia tidak profesional atau kurang berpengalaman.

2. Menjadi Momen yang Tepat untuk Latihan Berfoto

Walaupun kelihatannya gampang, namun berfoto dengan gaya yang natural dan tidak kaku itu tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak hasil foto di hari pernikahan yang posenya terlihat kaku meskipun konsep dan pengambilan gambarnya sudah keren.


Anda juga tidak bisa hanya berpose senyum kaku saja. Anda perlu berpose seperti mengobrol, tertawa, memeluk, ataupun pose yang dinamis lainnya.


Itulah mengapa, melakukan pre-wedding photo session bisa jadi cara yang tepat untuk latihan berfoto dengan natural dan tidak panik.


Apalagi di hari-H nanti, Anda pasti akan sangat grogi karena diihat oleh banyak tamu undangan.

pre wedding

3. Sebagai Kenangan di Hari Tua

Manfaat melakukan pre-wedding photo session yang berikutnya adalah sebagai kenangan di masa depan nanti. Karena seperti yang Anda ketahui, foto merupakan salah satu bentuk kenangan yang bisa membuat Anda seakan kembali ke masa ketika foto tersebut diambil.


Dikutip dari situs Martamaya Photograpy, Anda akan mengenang masa tertentu setiap kali melihat foto tersebut.


Foto hasil pre wedding tidak harus pajang dan diberikan figura. Anda juga bisa mengenangnya dengan mengumpulkan seluruh foto dalam satu album dan memberi tanggal di setiap foto.


Dengan begitu Anda bisa tahu dengan lebih jelas sudah berapa tahun yang lalu foto tersebut diambil.

4. Momen untuk Menikmati Waktu Bersama Pasangan

Hari-hari mendekati hari pernikahan adalah waktu paling sibuk yang akan Anda lalui. Karena di waktu tersebut, Anda perlu mempersiapkan pernikahan, mengurus dokumen-dokumen kenegaraan, melakukan survey ini-itu, sambil harus tetap bekerja jika tidak diberi waktu cuti oleh kantor.


Bukannya menikmati waktu berdua bersama pasangan, Anda justru jadi tidak punya waktu sama sekali untuk duduk berdua dan menghabiskan waktu bersama.


Oleh karena itu, pre-wedding photo session bisa menjadi momen yang tepat untuk menikmati kembali waktu berdua tanpa harus terbebani dengan segala macam urusan yang belum selesai.

5. Melakukan Pre-Wedding Photo Session Tidak Akan Membuat Anda Menyesal

Walaupun tidak sedikit orang mengatakan bahwa pre-wedding photo session hanya membuang-buang waktu dan biaya, namun kebanyakan orang yang berpendapat seperti itu akan menyesal di kemudian hari.


Melakukan pre-wedding photo session memang bukan hal yang wajib. Tetapi Anda juga tidak akan menyesal jika melakukannya, kecuali jika hasil foto yang diterima kurang memuaskan atau tidak sesuai yang diinginkan.


Dan poin-poin sebelumnya sudah menjelaskan apa saja manfaat dari melakukan pre-wedding photo session. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi melihat hasil dokumentasi pernikahan yang tidak sesuai baik karena pengambilan foto oleh fotografer tidak cocok dengan yang diinginkan maupun karena tiap pose foto yang diambil terlihat kaku.

Pre-wedding photo session tidak harus dilakukan di studio foto atau tempat-tempat yang mahal. Justru, Anda bisa mengkreasikan konsep foto pre-wedding sesuai keinginan dan kesukaan masing-masing.


Contohnya jika Anda adalah pasangan pencinta binatang, tidak ada salahnya berfoto pre wedding di kebun binatang. Atau jika Anda hobi motorcross, konsep pre-wedding dengan tema off road menggunakan motorcross di tengah hutan juga keren.


Seperti itulah pembahasan yang bisa membuat Anda mengenal pre wedding lebih dalam lagi. Jika bingung memilih konsep foto pre-wedding yang menarik, Anda bisa browsing di situs-situs seperti Pinterest yang berisi berbagai macam ide pre-wedding photo session. Bila Anda membutuhkan kebutuhan Bridal untuk hari pernikahan dan pre wedding Anda, jangan ragu untuk menghubungi Gypsy Bridal &Krajan Batik Semarang.



2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua