Apakah Bridesmaids adalah Hal yang Penting dalam Pesta Pernikahan?

Memiliki pendamping atau bridesmaids adalah hal yang menyenangkan. Ketegangan dan kebingungan yang dialami mempelai wanita bisa berkurang dengan adanya para bridesmaids di sisinya. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai seberapa pentingnya bridesmaid.


Pengertian Bridesmaid

Apakah Bridesmaids adalah Hal yang Penting dalam Pesta Pernikahan?

Bridesmaids adalah beberapa wanita yang dipilih oleh mempelai wanita untuk menemaninya dalam proses pernikahannya. Biasanya mereka yang terpilih berasal dari circle pertemanan yang memiliki hubungan dekat. Terkadang, bridesmaids tidak hanya berasal dari kenalan orang luar tetapi bisa juga dari orang yang memiliki hubungan darah dengan si pengantin. Misalnya sepupu atau kerabat lainnya.


Dari sisi calon suami pun juga memiliki pendamping pengantin pria yang disebut dengan groomsmen. Kedua jenis pendamping pengantin ini sebenarnya memiliki fungsi dan tujuan utama yang sama. Tetapi ada sedikit ketidaksamaan di antara keduanya. Beda bridesmaid dan groomsmen adalah pada bagian perencanaan serangkaian pernikahan. Bridesmaid lebih berfokus pada acara bridal shower dan pesta pernikahan. Sedangkan groomsmen memiliki fokus untuk membantu pengantin pria dalam merencanakan honeymoon.


Tugas Bridesmaid

Tahukah Anda jika seorang bridesmaid memainkan perannya tidak hanya ketika acara resepsi pernikahan berlangsung. Sebelum menjabarkan secara detail, tugas bridesmaid dibagi menjadi tiga tahap yaitu ketika masa persiapan pernikahan, hari berlangsungnya pernikahan dan masa setelah pernikahan. Berikut detail tugas seorang bridesmaid berdasarkan tahapan acaranya.


Tugas Bridesmaid Sebelum Pernikahan

1. Jadilah pendukung pengantin secara emosional

Perencanaan pernikahan terasa menegangkan dan menggairahkan disaat bersamaan. Oleh karena itu, jika Anda dipilih menjadi salah satu bridesmaid maka tugas Anda sebagai bridesmaid adalah tetap berada di sisi sang mempelai wanita.


Anda tidak harus membantu dan terjun langsung untuk menangani segala hal tetapi hanya menemani dan memberi dukungan emosional saja sudah cukup. Hal ini akan membuat sang pengantin wanita merasa senang.


2. Aktif berikan masukan

Jika Anda adalah seseorang yang dipercaya pengantin wanita untuk memunculkan ide maka Anda memainkan peran yang cukup penting sebagai pengiring pengantin. Namun, terdapat garis tipis antara membantu pengantin wanita untuk membuat keputusan dan memaksa tentang apa yang menurut Anda terbaik. Jadi, berikan pendapat Anda jika diminta tetapi jangan memaksakannya.


3. Berkomunikasi secara jujur

Luangkanlah waktu Anda untuk memahami apa yang diharapkan oleh sang pengantin yang telah melibatkan Anda sebagai bridesmaid. Cobalah untuk memahami dari berbagai hal seperti finansial dan hal krusial lain. Lakukan percakapan jujur tentang tanggung jawab tersebut sejak hari pertama. Terkadang, harapan yang Anda miliki untuk diri sendiri sebagai bridesmaid mungkin di luar kemampuan Anda. Kejujuran selalu merupakan kebijakan terbaik termasuk jujur dengan diri sendiri dan dengan pengantin wanita. Segera komunikasikan jika Anda tidak dapat menangani sesuatu. Sebagai teman dekat, pengantin wanita kemungkinan akan sepenuhnya memahami.


4. Membantu acara pre-wedding

Merencanakan dan membayar bridal shower serta pesta lajang adalah tugas bridesmaid. Para pengantin biasanya akan memimpin, tetapi bridesmaid juga harus mendukung dengan membantu merencanakan dan membayar sebanyak mungkin. Jadi, teman Anda sebagai calon pengantin tidak memiliki banyak pengeluaran tambahan. Untuk bridal shower, Anda bisa membantu dengan membuat rangkaian acara. Kemudian pada pesta lajang, Anda bisa berpartisipasi dan memastikan acara penutupannya.


Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pre Wedding


5. Bantu memilih wedding dress

Beberapa pengantin wanita mungkin sudah memiliki visi yang kuat tentang apa yang mereka inginkan untuk dikenakan saat berlangsungnya pesta pernikahan. Tetapi jika pengantin wanita meminta bantuan, Anda bisa memberikan ide mengenai wedding dress, rambut atau riasan bagi sang pengantin maupun pengiring pengantin. Anda bisa mendapatkan beragam pilihan gaun pengantin untuk pesta pernikahan di Gypsy Bridal.


6. Bebas drama

Terkadang pengantin wanita mengajak beberapa teman dari berbeda circle untuk menjadi bridesmaidnya sehingga terjadi kondisi di mana tidak semua pengiring pengantin akan saling mengenal. Mereka mungkin berasal dari tempat yang berbeda, latar belakang yang berbeda, dan fase kehidupan pengantin yang berbeda. Ada kemungkinan bahwa percakapan dapat disalah artikan atau kepribadian dapat berbenturan. Jangan serahkan kepada pengantin wanita untuk menjadi perantara atau mengatur nada untuk grup. Bermainlah dengan baik, bersikap baik, jangan mengeluh dan yang pasti jangan menimbulkan drama yang tidak perlu.


Tugas Bridesmaid Saat Pernikahan Berlangsung

Tugas Bridesmaid

1. Terhubung dengan WO

Meskipun tidak perlu terjun secara langsung Anda sebagai bridesmaid perlu terhubung dan mengetahui siapa perencana acara. Di sini Anda bisa berkoordinasi dan memahami peranan Anda di acara tersebut. Sangat penting untuk bekerja sama dengan perencana, memperhatikan jadwal mereka, dan pastikan Anda melakukan apa pun yang diminta dari Anda untuk memastikan semuanya berjalan lancar pada hari itu.


2. Tahu rencana dan susunan acara

Schedule atau rundown acara seharusnya sudah dibagikan selama dua atau seminggu sebelum hari pernikahan tiba. Anda tidak perlu menghafal jadwal ini tetapi pastikan untuk meninjau dan memahami bagaimana acara tersebut akan berjalan dan ingat detailnya sebaik mungkin.


3. Jangan Mengeluh

Hari pernikahan adalah hari yang panjang untuk seluruh pesta pernikahan, tetapi ingatlah bahwa semua tekanan ada pada pasangan. Jika Anda memiliki kekesalan atau rasa frustasi terkait pesta pernikahan tersebut, ada baiknya untuk tidak mengungkapkan hal itu terlebih dahulu. Mungkin Anda tidak menyukai penampilan rambut atau riasan Anda maka bicarakanlah dengan baik-baik kepada si penata rambut atau MUA, bukan mengeluh kepada pengantin wanita.


4. Ingatkan mempelai untuk makan

Pengantin wanita atau ibu dari pengantin wanita biasanya menyediakan minuman untuk kelompok saat mereka bersiap-siap, tetapi akan menjadi hal yang bagus ketika pengiring pengantin memastikan pengantin wanita tetap terhidrasi dan makan di sela-sela terhelatnya acara pernikahan yang gembira itu. Paling tidak, pastikan pengantin minum air putih, terutama saat pasangan sedang berjalan-jalan sambil foto-foto.


5. Sigap temani mempelai ke kamar mandi

Jika gaun pengantin wanita sangat tebal atau pas, mereka mungkin membutuhkan seseorang untuk membantu mengangkat gaun saat ke kamar kecil. Belum lagi jika pengantin wanita berganti pakaian, mereka mungkin perlu bantuan. Perencana akan sering membantu dalam hal ini, tetapi terkadang pengantin wanita lebih nyaman memiliki seseorang yang lebih dekat untuk mereka bantu.


Tugas Bridesmaid Setelah Acara Pernikahan

1. Tawarkan bantuan pengembalian barang

Tawarkan bantuan kepada pengantin untuk membantu mengambil barang yang ketinggalan atau mengembalikan barang sewaan.


2. Bagikan hasil dokumentasi

Buat clouds atau penyimpan online dari setiap foto atau video yang diambil ketika acara pernikahan sedang berlangsung. Biasanya fotografer akan membagikannya dalam selang waktu dua sampai empat minggu, jadi untuk menunggu foto resmi dari profesional, Anda bisa membagikan apa yang Anda bidik melalui kamera ponsel.


Berdasarkan informasi di atas, bridesmaids adalah orang-orang terpercaya mempelai wanita yang memiliki peranan penting dalam rangkaian acara pernikahan pengantin bersangkutan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membuat Anda mengetahui serba-serbi bridesmaids lebih mendalam.




8 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua