8 Tips Untuk Mempersiapkan Hari Pernikahan

Hari perikahan adalah hari sakral dalam kehidupan manusia. Karena hal itulah, baik pihak laki-laki maupun perempuan harus mempersiapkannya dengan sangat matang. Baik dirayakan sederhana ataupun mewah, tentu Anda tidak ingin bukan hari paling bahagia justru ada problem?


Menikah memang membutuhkan uang, apalagi jika dirayakan besar-besaran tentu semakin banyak uang yang harus dikeluarkan.


Itulah mengapa, tidak boleh ada kesalahan apapun di hari pernikahan Anda nanti. Baik kesalahan yang terjadi karena masalah teknis, maupun yang terjadi karena faktor kurangnya persiapan dari para organizer.


Namun sayangnya, kita pasti masih sering melihat ada kesalahan dan masalah tertentu yang terjadi di hari-H pernikahan. Hal ini tentunya membuat para pengantin merasa kecewa, bahkan tidak sedikit yang merasa malu kepada para tamu undangan.


Dan untuk menghindari kejadian yang sama dialami oleh Anda, berikut ini kami akan membagikan sedikit tips mempersiapkan sematang mungkin.


mempersiapkan hari pernikahan

Tips Mempersiapkan Hari Pernikahan Dengan Matang


Dalam mempersiapkan acara besar seperti ini, tentunya Anda ingin mendengar pendapat dari orang yang memiliki pengalaman persiapan pernikahan mereka sendiri. Namun, tiap orang memiliki pendapat dan pengalaman masing-masing, yang mana bisa membuat Anda semakin bingung.


Oleh karena itu, berikut ini kami akan bagian tips sederhana tahapan persiapan pernikahan yang baik.

1. Diskusikan Hanya dengan Orang Tua atau Wali Kedua Belah Pihak


Dalam mempersiapkan pernikahan, hal yang paling pertama, paling wajib, sekaligus paling sulit yang perlu dilakukan adalah mendiskusikan dengan orang tua atau wali dari kedua belah pihak.


Walaupun terdengar mudah, namun nyatanya akan ada banyak perdebatan yang terjadi dalam tahap ini. Orang tua mempelai laki-laki ingin pernikahan dengan adat A, sedangkan orang tua mempelai wanita ingin pernikahan dengan adat B.


Namun mau tidak mau, Anda wajib mendiskusikan mengenai rencana resepsi pernikahan dengan kepala dingin. Sehingga tidak terjadi masalah berkepanjangan yang membuat orang tua kedua pihak jadi sulit akrab.


Dan yang paling penting, Anda tidak perlu mendiskusikan atau meminta pendapat dari anggota keluarga yang lain untuk masalah ini. Kecuali jika memang mereka adalah wali atau orang yang berpengaruh besar dalam hidup salah satu mempelai.


Dalam tahap ini pula, Anda perlu mendiskusikan mengenai maskawin atau mahar yang harus diberikan oleh mempelai pria.

2. Persiapkan Budget dengan Jelas


Salah satu masalah yang sering dialami ketika mempersiapkan budget pernikahan adalah Anda ikut menghitung uang yang belum pasti ada. Misalnya uang hasil menjual mobil, yang mana mobilnya belum terjual atau masih dalam tahap dicicil.


Sehingga ketika uang tersebut harus digunakan, Anda kebingungan karena uangnya belum ada dan belum tahu kapan akan dibayarkan oleh sang pembeli.


Itulah mengapa, budget yang boleh dicatat adalah uang yang benar-benar sudah ada. Baik dari hasil menabung sendiri maupun bantuan dari orang tua.


Jangan lupa, budget yang perlu dipersiapkan bukan hanya untuk pernak-pernik dan segala kebutuhan resepsi saja. Tapi Anda juga harus mempersiapkan uang untuk keuangan di awal berumah tangga.

Pastinya Anda tidak ingin kebingungan di hari-hari pertama berkeluarga karena seluruh tabungan sudah habis untuk kebutuhan resepsi.

3. Tentukan Hari Pernikahan


Ketika budget sudah dihitung, tips persiapan acara pernikahan yang berikutnya adalah mempersiapkan hari bahagia Anda.


Beberapa masyarakat Indonesia masih ada yang menentukan hari-H pernikahan dengan menggunakan perhitungan-perhitungan tradisional tertentu. Biasanya, hal ini dihitung dari tanggal berapa dan di hari apa kedua mempelai lahir.


Karena ada beberapa tanggal yang konon dianggap sebagai hari buruk, dimana beberapa kejadian buruk secara tidak sengaja akan terjadi pada hari tersebut.


Oleh karena itu, menentukan hari pernikahan perlu dilakukan bersama orang tua kedua belah pihak. Jika orang tua Anda atau pasangan masih percaya dengan tradisi dan hari buruk, Anda mungkin perlu mengajak nenek atau orang yang lebih dituakan oleh orang tua masing-masing.

4. Menentukan Lokasi Pernikahan


Setelah tanggal sudah ditentukan, sekarang waktunya mencari lokasi dimana pernikahan Anda akan digelar. Untuk persiapan yang satu ini, Anda perlu melakukan survey ke beberapa lokasi yang menjadi kandidat.


Dikutip dari situs The Bride, ada beberapa faktor yang bisa membantu Anda menentukan lokasi pernikahan terbaik. Di antaranya:

  • Sesuaikan dengan tamu yang Anda undang

  • Sesuaikan dengan tema pernikahan yang ingin Anda buat

  • Pastikan biaya sewa lokasi sesuai dengan budget yang dipersiapkan

  • Perhatikan apa saja yang akan didapat dari menyewa lokasi tersebut

  • Jangan ragu menolak jika memang tidak cocok

  • Konsultasi dengan orang yang mengerti dalam dunia wedding organizing

Tema pernikahan yang sering diadakan saat ini juga sangat beragam. Mulai dari garden party, woodland forest theme, traditional theme, bahkan online dan drive thru party.

5. Memilih Catering dan Prasmanan


Tips mempersiapkan hari pernikahan yang berikutnya adalah dengan memilih catering atau prasmanan yang Anda suka. Sama seperti mencari lokasi, untuk masalah yang satu ini Anda juga perlu melakukan survey terhadap masakan catering dan memilih yang paling cocok.


Untuk menu masakan katering sendiri, pilihlah yang sekiranya mudah dimakan oleh tamu. Hindari memilih makanan berkuah atau ikan yang banyak durinya.


Jangan lupa untuk memesan katering dengan jumlah yang cukup, sesuai dengan jumlah tamu.

6. Fitting Baju Pengantin


Tahap berikutnya dan yang paling ditunggu-tunggu adalah mencari baju pengantin. Untuk pernikahan seperti ini, Anda punya 3 pilihan mencari baju pengantin, yaitu:

  • Menjahit sendiri baju pengantin khusus

  • Membeli wedding dress yang sudah jadi

  • Menyewa baju pengantin

Menjahit sendiri baju pengantin tentunya akan memberikan Anda keleluasaan dalam menentukan ukuran dan desain. Tapi di sisi lain, Anda juga membutuhkan budget yang lebih besar serta waktunya tidak boleh mepet.

7. Menentukan Desain dan Membuat Undangan


Sekarang Anda sudah sampai di tahap mendekati akhir dalam mempersiapkan hari pernikahan, yaitu menentukan desain undangan. Sebenarnya, desain undangan ini tidak perlu dipikirkan dengan keras, mengingat pada akhirnya orang-orang hanya akan melihat tanggal dan kapan dimana pernikahan berlangsung.


Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan template terbaik yang biasanya sudah disediakan oleh percetakan undangan.


Cetak undangan sesuai dengan banyaknya tamu yang ingin Anda undang. Jika Anda ingin pernikahan yang lebih private, silahkan buat desain yang lebih personal dengan memasukan elemen kesukaan masing-masing. Misalnya bunga yang Anda suka, simbol hewan yang disuka, dan masih banyak lagi.

8. Persiapkan Diri dari Segi Fisik maupun Mental


Terakhir dan yang paling utama dalam mempersiapkan hari pernikahan adalah persiapan fisik maupun mental. Untuk mempelai pria yang ingin melakukan persiapan pernikahan dalam Islam, Anda juga wajib menghafal ucapan akad nikah yang benar. Termasuk mengingat nama pasangan dan orang tuanya.

Seperti itulah kumpulan tips dan tahapan mempersiapkan hari pernikahan dengan matang. Bila anda membutuhkan kebutuhan Bridal untuk hari pernikahan anda, jangan ragu menghubungi Gypsy Bridal &Krajan Batik Semarang.


6 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua