Sebelum Membeli, Yuk Mengenal Kain Batik Tulis Premium!

Belum Indonesia banget rasanya kalau Anda tidak mengenal batik. Terlebih batik menjadi salah satu warisan kebanggaan Indonesia. Jika dulu batik dibuat menggunakan kain yang itu-itu saja, saat ini bahan kain batik lebih beragam serta modern, sehingga generasi muda pun mulai senang untuk menggunakan batik dalam berkegiatan.


Sebelum Membeli, Yuk Mengenal Kain Batik Tulis Premium!

Mengenal Jenis Kain Batik Tulis Premium

Batik sendiri memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah batik tulis. Batik tulis sendiri adalah batik yang melambangkan kemewahan, karena memang batik ini harga batik tulis cukup menguras kantong. Tapi harga ini sebanding dengan proses pembuatannya yang cukup rumit.


Batik tulis dibuat secara manual dengan bantuan canting untuk menerapkan malam (lilin) pada coraknya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Inilah yang membuat batik tulis cukup mahal dan hanya digunakan oleh raja, bangsawan, dan pembesar keraton saja.


Urusan kain, batik tulis tentu saja menggunakan kain yang premium. Ada beberapa kain batik tulis premium yang umum digunakan, diantaranya ?


1. Katun

Kain katun merupakan kain yang umum digunakan dalam pembuatan batik. Bahan katun merupakan bahan yang baik, karena ia terbuat dari serat kapas. Tak heran jika kain ini sangat lembut dan nyaman saat digunakan, terlebih kain katun mampu menyerap keringat dengan baik sehingga tidak membuat pemakainya gerah.


2. Rayon

Rayon juga menjadi bahan kain batik tulis premium yang sering digunakan. Kain rayon merupakan kain yang ringan, sehingga membuat pemakainya lebih mudah bergerak dan sama seperti katun, kain rayon juga mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga adem dan anti gerah. Inilah yang membuat bahan rayon menjadi favorit.


3. Dobby

Mungkin Anda jarang mendengar jenis kain yang satu ini, karena kain dobby sendiri umumnya memang digunakan untuk kalangan menengah keatas. Kain dobby memiliki karakteristik yang unik, karena ia memiliki tekstur lembut, namun di beberapa bagian masih terasa kasar. Mengapa harga kain dobby cenderung mahal? Karena proses pembuatannya masih menggunakan alat tenun tradisional.


4. Sutera

Kain sutera menjadi salah satu kain batik tulis premium yang halus dan ringan. Selain itu, kain sutera mampu memberikan kesan elegan dan efek yang jatuh saat digunakan. Hasilnya bentuk tubuh akan terlihat. Sayangnya, kain sutera memang dijual dengan harga yang cukup mahal, sehingga siap-siap mengeluarkan budget yang lebih.


5. Grey

Sesuai namanya, kain grey sendiri memiliki warna asli abu-abu. Kain grey dibuat dari tenunan benang kapas tanpa melalui proses bleaching. Kain grey memiliki 3 jenis, yaitu tenun, blacu, dan tenun gedhog.


Baca juga: Mengenal Macam-Macam Batik dan Penjelasannya


Trik Cerdas Memilih Kain Batik Tulis Premium

Salah satu elemen penting saat memilih bahan batik adalah memilih kain batik berkualitas. Memilih kain batik terbaik tentu menjadi hal yang wajib dilakukan, terutama bagi Anda pecinta fashion. Walaupun harus mengeluarkan budget lebih, nampaknya tak menjadi masalah ya.

Nyaman dan tidak nya baju batik yang digunakan tentu akan dipengaruhi oleh bahan kain yang digunakan. Semakin baik kualitas kain batik, maka akan semakin nyaman juga untuk digunakan, walaupun jahitan juga menentukan. Lalu, bagaimana untuk memilih kain batik?


1. Jenis Batik Yang Akan Dibuat

Sebelum membeli bahan untuk proses pembuatan batik, yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan jenis batik yang akan dibuat. Untuk batik tulis, umumnya digunakan kain yang lebih berkualitas. Berbeda dengan batik cap atau cetak. Inilah yang membuat harga batik tulis juga cenderung lebih mahal, karena dibutuhkan ketrampilan khusus dan memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan batik jenis lain.


Batik tulis akan memiliki corak yang berbeda dan tidak akan bisa memiliki motif yang sama, karena motifnya akan dikerjakan secara manual menggunakan tangan dengan bantuan canting untuk mengaplikasikan lilin (malam).


2. Pola Batik Yang Akan Dibuat

Keunikan batik terletak pada polanya. Batik memiliki pola beragam mulai dari yang tradisional hingga modern. Semakin rumit pola batik, maka harga kain batik akan semakin mahal. Terlebih jika pola rumit ini di produksi dalam jumlah yang terbatas, maka harganya akan semakin mahal dan membuat penggunanya merasa bangga karena tidak banyak yang memilikinya.


3. Kualitas Pewarnaan Kain Batik

Kualitas batik juga sangat dipengaruhi oleh pewarnaan kain batik itu sendiri. Untuk mengetahui kualitas kain batik yang memiliki pewarnaan baik, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara paling mudah dan praktis adalah dengan meraba warna cat yang menempel pada kain batik.


Lihatlah tangan Anda. Pastikan tidak ada warna cat yang menempel dan tertinggal di tangan. Adanya cat yang menempel pada tangan menandakan kain batik diberi pewarna yang kurang berkualitas.ini bisa saja membuat kain cepat luntur dan warna kain batik memudar.


4. Menempelkan Kain Pada Kulit

Selanjutnya, Anda bisa menempelkan kain batik yang akan Anda beli pada area tangan. Jika terasa dingin, ini menandakan kain memiliki kualitas yang baik, sehingga kain akan nyaman saat digunakan dan tidak akan mudah kusam walaupun dicuci berkali-kali nantinya.


Jangan mudah terkecoh oleh tektur kain. Tak jarang seseorang tidak jadi membeli kain batik karena kain yang kaku. Padahal, kain ini bisa saja lembut setelah dicuci nantinya. Anda bisa menanyakannya kepada penjual. Jangan sungkan untuk bertanya.


Trik Cerdas Memilih Kain Batik Tulis Premium

Baca juga: Rekomendasi Motif Batik Modern yang Cocok dijadikan Baju


Merawat Kain Batik Tulis Premium

Banyak motif batik dan beragam warna kain batik tulis yang dapat dipilih. Sayangnya harga batik tulis tidaklah murah karena proses pembuatannya yang rumit dan faktor lainnya. Agar kain batik tulis yang telah dibeli tetap awet, Anda perlu melakukan beberapa perawatan agar warnanya tidak pudar dan ukurannya tak menyusut. Merawat kain batik tulis premium dapat dilakukan dengan :


1. Memisahkan Baju Berbahan Lain dan Baju Kain Batik

Saat mencuci sebaiknya pisahkan batik dengan baju lainnya. Hal ini dilakukan agar batik tidak terkontaminasi warna lainnya. Anda juga harus memisahkan kain batik sesuai warnanya dalam satu wadah atau ember.


2. Menghindari Penggunaan Mesin Cuci

Sebaiknya cuci kain batik tulis premium dengan tangan atau manual. Penggunaan mesin cuci hanya akan membuat serat kain batik menjadi rusak. Gunakan tangan dan kucek lembut agar warnanya tetap awet dan tak luntur.


3. Gunakan Shampoo Untuk Mencuci

Siapa yang masih menggunakan deterjen untuk mencuci kain batik? Zat kimia yang terdapat pada batik justru dapat merusak kain batik, bahkan membuat warnanya cepat pudar. Akan lebih aman jika Anda mencuci kain batik tulis premium menggunakan shampoo yang kandungan kimianya lebih sedikit. Setelah itu, jemur dengan diangin-anginkan saja. Hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung.


4. Hindari Tersentuh Setrika

Sebelum proses setrika, sebaiknya lapisi kain batik tulis premium menggunakan kertas koran untuk menghindari kerusakan warna kain.


Baca juga: Kenali Motif Batik Nusantara dan Perbedaan Setiap Jenisnya


Dengan mengetahui cara merawat kain batik tulis premium diatas, Anda tak perlu khawatir kain batik tulis Anda akan rusak. Kain batik akan lebih awet jika Anda menyimpannya di dalam plastik. Hindari menggunakan kapur barus saat menyimpan kain batik, karena kapur barus justru berpotensi merusak kain batik.


Bila Anda membutuhkan busana batik premium, jangan ragu untuk menghubungi Gypsy Bridal & Krajan Batik Semarang.


Sumber :

https://www.blibli.com/friends/blog/bahan-batik-yang-bagus-10/

https://www.kemejingnet.com/2016/12/cara-memilih-kain-batik-yang-berkualitas-tinggi_1.html

https://www.merdeka.com/jatim/ketahui-macam-batik-dan-penjelasannya-kenali-makna-dari-setiap-motifnya-kln.html

https://fitinline.com/article/read/9-jenis-bahan-kain-yang-biasa-digunakan-untuk-membuat-kain-batik-indonesia/

https://www.hipwee.com/tips/cara-merawat-batik/



6 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua