Daya Tarik Dan Kelebihan Batik Tulis, Cap dan Cetak

Pesona batik dengan semua jenis keindahan dari coraknya memang sarat dengan nilai tradisi leluhur yang tak heran jika sangat dicintai sehingga menjadi warisan budaya bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Batik bukan hanya disukai oleh masyarakat Indonesia saja namun juga semakin luas hingga ke seluruh penjuru dunia. Bahan beberapa tokoh dunia menjadi batik salah satu busana yang sangat mereka sukai.


Keunikan dan daya tarik dari batik saat ini bukan hanya karena hasilnya, namun juga proses pembuatan kain batik yang memiliki filosofi di dalamnya. Selain itu, pola batik juga menjadi salah satu daya tarik dari kain batik. Semakin pasalnya, semakin menarik motif yang ditampilkan maka sudah pasti batik yang dihasilkan akan semakin indah dan banyak disukai oleh pencintanya.


batik cetak

Pada dasarnya ada beberapa motif dari matik yang dihasilkan mulai dari motif batik tradisional dan motif batik modern. Untuk jenis motif batik tradisional sendiri memang lebih banyak dihasilkan dengan proses batik tulis. Dimana prosesnya dilakukan dengan cara manual. Untuk pola batik tulis sendiri memang sangat sedikit mengalami perubahan karena di dalamnya memang tertanamkan filosofi yang kuat.


Pasalnya pembuatan batik tulis memang tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus disesuaikan dengan aturan yang sudah ada. Dimana aturan dalam pembuatan batik tulis sendiri memang sudah menjadi pakem dari masing – masing pengrajin batik. Itulah sebabnya batik tulis selalu saja memiliki nilai yang lebih dalam, terutama bagi mereka pecinta batik.


Sedangkan untuk batik modern, sebagian besar terinspirasi dari perkembangan mode dan trend untuk saat ini. Dan batik dari jenis batik cetak biasanya memang jauh lebih fleksibel dan tak memiliki aturan dalam proses pembuatannya.


Setiap pencinta batik mungkin sudah sangat paham jika Batik Indonesia memang memiliki beberapa proses pembuatannya. Mulai dari batik tulis, batik cap hingga batik printing atau biasanya dikenal dengan nama batik cetak. Dari masing – masing jenis ini sebenarnya sudah memiliki pasarnya masing – masing tinggal mengikuti kebutuhan dan pilihan masing – masing dari seseorang.


Beberapa orang ada yang suka dengan jenis batik tulis, namun ada juga yang suka batik cap. Tak jarang beberapa orang yang ingin mengoleksi bahkan membeli jenis batik cetak juga. Namun, jika Anda cukup bingung dengan ketika jenis batik ini, maka berikut beberapa perbedaan mendasar dari ketiga batik tersebut dan bagaimana ketiga jenis batik ini bisa tetap eksis hingga saat ini karena memiliki pasarnya masing – masing.


Warna Dasar Kain

Perbedaan yang paling terlihat dari jenis batik tulis, batik cap dan batik cetak adalah dari warna dasar kainnya.

  • Untuk batik tulis, biasanya memiliki warna – warna dasar yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis lainnya pada setiap goresan dari motif batiknya. Dan biasanya jenis kain batik yang digunakan untuk batik tulis sendiri menggunakan bahan kain katun mori ataupun sutra. Katun mori dan sutra ini sendiri biasanya lebih dipilih dengan warna putih polos. Karena nantinya warna akan muncul ketika proses canting.

  • Sedangkan untuk batik cap sendiri memang agak mirip dengan batik tulis. Hanya saja saja untuk proses pembuatannya tidak sesulit pembuatan batik tulis. Pewarnaan batik cap juga memang jauh lebih berwarna dibandingkan batik tulis namun tidak semeriah dari batik cetak.

  • Batik cetak memang agar berbeda dengan batik tulis dan batik cap, pilihan warna dari batik cetak sendiri memang jauh lebih berwarna dan meriah. Untuk proses pewarnaan dari batik cetak ini sendiri memang menggunakan bahan pewarna kimia yang mana bisa digunakan sesuai dengan keinginan dan kombinasi yang diinginkan.


Tingkat Kerapian Motif

Dikarena proses pembuatannya yang manual dan dilakukan prose canting langsung dengan menggunakan tangan, maka untuk batik tulis sendiri biasanya memiliki tingkat kerapian yang bisa dikatakan rendah. Hal ini bisa terlihat dari setiap goresan motif yang dibuat pada kain batik tulis. Tentu saja hasil motifnya tidak pernah sama. Menurut para pengrajin batik, goresan canting yang dibuat memang sangat tergantung dengan letak duduk, mood dan rasa percaya diri dari seorang pengrajinnya. Bisa dikatakan ini sama seperti Anda menulis sebuah buku dengan menggunakan tulisan tangan, dimana tiap lekukan dari tiap huruf tidak akan pernah sama.


Sedangkan untuk batik cap sendiri, bisa dikatakan kurang bervariasi karena secara umum memang menggunakan alat cap yang menyebabkan hampir tiap motif akan menghasilkan hasil yang sama secara berulang, dengan tingkat kerapian yang cukup rapi tergantung dengan pewarnaannya.


Dan untuk batik cetak sendiri sebenarnya memiliki motif – motif yang sangat rapi, tidak memiliki bekas goresan yang melebihi motif dan memang lebih simetris serta rapi dibandingkan jenis batik tulis dan cap.


Tinta Canting

Untuk batik tulis, biasanya akan memiliki bagian depan yang sama untuk corak, warna dan juga motifnya. Dan biasanya tinta dari canting yang digunakan akan menebus sampai di bagian belakang dari kain. Dan hal ini disebabkan karena penggunaan kain katun mori atau kain sutra yang polos sehingga pada saat digambar dengan canting menyebabkan sehelai batik tulisan akan memiliki dua muka yang sama karena tembus pandang sampai ke bagian belakangnya.


Dan batik cap sendiri sebenarnya dijelaskan sebelumnya memiliki motif dan corak yang sama dan berulang. Terkadang beberapa jenis batik cap ada yang tembus hingga ke bagian belakang. Hanya saja memang jauh lebih rapi dan tidak serumit dari batik tulis.


Sedangkan untuk batik cetak, memiliki warna dengan motif yang sangat rapi dari kedua jenis sebelumnya. Jika Anda membeli kain dari proses batik cetak, maka Anda bisa langsung membedakan motif di bagian depan dan belakang dengan warna dan juga motifnya. Di Bagian belakang kainnya sendiri sebenarnya akan tetap polos dan warna putih tidak akan ada tembusan motif dari kain batik cetak.


batik cetak

Aroma

Faktor lain yang bisa Anda bedakan dari batik tulis, batik cap dan batik cetak adalah aroma dari masing – masing kain yang dihasilkan. Untuk batik tulis dalam prosesnya melakukan 8 langkah proses, hal ini menyebabkan batik tulis biasanya lebih memiliki aroma yang sangat khas. Aroma yang dikeluarkan oleh batik tulis ini disebabkan karena pewarna yang digunakan baik itu penggunaan pewarna sintetis ataupun pewarna alami yang digunakan. Dan selain itu, dipengaruhi juga hasil dari proses pencantingan dengan menggunakan malam serta hasil proses perebusannya. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika batik tulis memang memiliki aroma yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan batik cap dan batik cetak.


Pasalnya batik cap memiliki aroma dari malam yang dipakai namun aromanya lebih mirip dengan bau solar dengan kadar yang sangat rendah. Sedangkan untuk batik cetak sendiri sebenarnya memiliki aroma kimia yang jauh lebih bekat, karena semua proses pewarnaan batik cetak memang menggunakan pewarna sintetis yang mana berasal dari pencampuran dari bahan – bahan kimia.


Harga

Sudah bukan rahasia umum lagi, ada harga ada rupa. Hal ini bisa digunakan untuk patokan harga ketika akan membeli batik. Pasalnya jika berbicara mengenai harga, harga batik tulis Indonesia memang jauh lebih mahal bahkan bisa sampai harga jutaan rupiah per helai. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhinya adalah karena proses yang dibuat secara manual dan dalam waktu yang panjang. Selain itu, pembuatannya yang menggunakan canting serta waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan 1 kain batik tulis bisa mencapai 1 hingga 6 bulan lama.


Sedangkan untuk batik cap sendiri, harganya memang jauh lebih terjangkau mencapai ratusan ribu rupiah per helainya. Harga ini juga dipengaruhi dengan waktu produksi dari kain batik cap yang memang lebih singkat jika dibandingkan dengan batik tulis.


Dan untuk batik cetak jauh lebih murah, karena bisa puluhan ribu rupiah per meternya. Hal ini disebabkan karena proses produksi dari batik cetak yang dilakukan secara masal dengan kuantiti yang sangat banyak untuk satu jenis motif.


Masing – masing jenis batik tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi saat ini batik menjadi salah satu trend fashion yang paling banyak disukai. Untuk Anda yang sedang mencari pakaian jadi batik, kain batik, dress batik serta jenis model dari kain batik lainnya salah satu tempat yang paling direkomendasikan adalah krajanbatik.com. Krajan batik adalah salah satu tempat pembuat batik tulis paling direkomendasikan di Kota Semarang yang menyediakan jasa desain menjadi pakaian jadi dan jenis pakaian lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda untuk tampilan menjadi makin bergaya.


Baca juga: Kenali 4 Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap


1 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua