Membeli dan Merawat Batik Sutera Berkualitas Unggul

Batik sutera merupakan salah satu jenis batik yang wajib dimiliki, terutama bagi Anda pecinta fashion dan batik. Walaupun banyak jenis batik khas Indonesia, namun belum lengkap rasanya jika tidak memiliki batik berbahan sutera ini.


Indonesia memiliki beragam jenis kain batik, mulai dari yang dibanderol dengan harga cukup murah hingga kain batik premium yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Salah satu kain batik premium yang banyak digemari adalah kain sutera.


Membeli dan Merawat Batik Sutera Berkualitas Unggul

Jenis Kain Sutera

Sebagai kain yang memiliki kualitas premium, kain sutera ternyata memiliki beberapa jenis yang dapat dijadikan pertimbangan, diantaranya :

  • Silk Taffeta adalah jenis kain sutera dengan tekstur lembut dan mengkilap. Biasanya kain silk taffeta ini dihias dengan ornamen bordir dan sulaman yang menambah kesan mewah.

  • Raw Silk menjadi jenis kain sutera lainnya yang masuk dalam kategori premium karena dibuat dari 100% serat sutera, sehingga harganya sangat mahal.

  • Dupion Silk hampir mirip dengan raw silk, namun teksturnya sedikit kusut dan kainnya lebih tipis dibandingkan raw silk.

Selain itu, masih ada jenis kain sutera lainnya seperti Dupioni, Thai Silk, Japan Silk, Nep Silk, dan jenis lainnya.


Mengintip Proses Pembuatan Batik Sutera

Sesuai namanya, batik akan dibuat menggunakan bahan kain sutera yang dihasilkan dari kepompong ulat sutera, walaupun ada juga kain sutera yang dihasilkan melalui proses kimia (sintetis). Mengapa bahan sutera sangat digemari? Karena bahan ini akan berkilau saat terkena matahari. Hal ini disebabkan karena ulat sutera menghasilkan sejenis kandungan protein yang membentuk lapisan fibroin.


Bahan sutera adalah bahan batik premium dengan kualitas unggul. Bahannya juga nyaman digunakan dan lembut. Tak heran jika kain ini dipasarkan dengan harga yang cukup mahal, karena proses pembuatan kainnya sendiri juga cukup rumit.


Proses pembuatan batik sutera umumnya juga dilakukan secara manual. Motif batik akan dilukis secara manual menggunakan tangan, lalu dilakukan tahap pewarnaan sesuai pola nya. Proses ini dinamakan batik tulis. Prosesnya yang dilakukan secara manual inilah yang membuat harga batik tulis cukup mahal ditambah dilukis di atas kain sutera yang premium.


Seiring teknologi yang semakin berkembang, ada juga teknik pembuatan batik yang dilakukan menggunakan bantuan mesin. Batik ini dinamakan batik cap atau printing. Batik ini umumnya dijual dengan harga yang lebih ramah di kantong.


Mengapa Memilih Batik Sutera? Apa Keunggulannya?

Seperti yang telah dibahas, kain sutera adalah kain batik premium yang istimewa. Selain itu ada beberapa keunggulan lain yang dapat menjadi pertimbangan, diantaranya:

  • Hampir semua batik berbahan sutera diproses secara manual, sehingga batik sutera tentu memiliki motif khas yang unik dan eksklusif. Selain itu, kain sutera sendiri adalah bahan yang dapat tampil mewah dan elegan walaupun digunakan tanpa aksesoris apapun.

  • Bahan sutera juga sangat halus dan lembut saat menyentuh kulit, sehingga penggunanya akan nyaman dan percaya diri. Kain sutera juga mampu menyerap keringat dengan cukup baik. Cocok bagi yang memiliki acara di luar maupun di dalam ruangan.

  • Selain mampu menyerap keringat dengan baik dan membuat penggunanya tidak merasa gerah, kain sutera juga mampu membantu melindungi kulit penggunanya dari paparan sinar ultraviolet yang memiliki dampak buruk untuk kulit. Dengan keunggulan ini, tak heran jika harga batik sutera dibanderol dengan harga tinggi, namun sebanding dengan kualitasnya.

Baca juga: 5 Cara Ketahui Baju Batik Premium Berkualitas


Merawat Kain Batik Sutera Agar Awet

Seperti jenis kain lainnya, kain sutera juga membutuhkan perawatan khusus, terlebih kain ini cukup mahal. Rasanya akan sangat disayangkan jika batik sutera tidak berumur panjang. Terlebih jika batik sutera yang Anda miliki menggunakan motif keraton yang khusus.


Perawatan batik sutera dapat dilakukan secara sederhana, salah satunya adalah mencucinya menggunakan deterjen tanpa bantuan mesin cuci. Ya, batik sutera harus dicuci manual menggunakan tangan agar kualitas batik sutera tetap terjaga.


Batik sutera juga tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung, tetapi harus diangin-anginkan saja. Selain itu saat menyetrika alasi kain dengan koran dahulu baru ditimpa dengan setrika demi menjaga kainnya tetap awet. Setelah itu, simpan dengan digantung atau lipat dan simpan di dalam plastik.


Merawat Kain Batik Sutera Agar Awet

Merawat Kain Batik Sutera Ala Desainer

Kain batik sutera tentu saja membutuhkan perawatan khusus, karena tekstur kainnya lembut dan mudah rusak jika diperlakukan kasar atau dicuci menggunakan bahan kimia yang berlebihan. Berbeda dengan bahan lain, seperti katun atau wol.


Untuk menjaga kualitas batik, maka perlu kehati-hatian mulai dari proses pencucian, penjemuran, penyetrikaan hingga penyimpanan. Semua tahapan ini harus dilakukan secara hati-hati agar kualitas batik tetap terjaga baik.


Saat mencuci, hindari menggunakan deterjen atau bahan kimia yang berlebihan. Sebaiknya gunakan cairan lerak untuk membantu menjaga warna dan motif batik agar tidak memudar. Jika memang tidak memiliki lerak, Anda bisa menggunakan shampoo yang bahan kimianya jauh lebih rendah dibanding deterjen. Pisahkan kain batik dengan baju lain agar tidak terkena baju yang luntur.


Proses menjemur juga tak kalah penting. Hindari mencuci dan mengeringkan batik sutera menggunakan mesin cuci. Jemur di tempat sejuk dan angin-anginkan saja. Hindari menjemur batik sutera di bawah sinar matahari secara langsung.


Setelah benar-benar kering, saatnya menyetrika batik sutera. Sebelum proses setrika dimulai, berikan pelapis kertas. Hindari meletakkan setrika panas secara langsung pada kain batik sutera. Setelah mengering, Anda bisa menyimpan batik sutera Anda di dalam lemari.


Jika Anda menyimpan baju batik menggunakan kamper, maka sebaiknya kamper jangan dibiarkan mengenai kain batik secara langsung. Kamper beresiko merusak bahan batik. Anda juga dapat membungkus busana batik dengan plastik sebelum digantung. Desainer Barli Asmara bahkan tidak menyarankan penggunaan parfum pada batik berbahan sutera.


Padu-Padan Batik Sutera

Batik sutera memang cocok digunakan bagi Anda yang ingin memiliki tampilan elegan. Karena itulah biasanya kain batik sutera akan digunakan saat acara tertentu, seperti menghadiri pesta, acara lamaran, dan acara penting lainnya.


Bagi wanita, mungkin ada yang masih bingung dan bertanya, “Kira kira, kalau menggunakan pakaian batik sutera ini bagaimana ya padu padannya?”. Jangan khawatir, karena Anda bisa memadukannya dengan celana bahan atau rok lilit.

Baca juga: Rekomendasi Batik Wanita dan Tips Memilihnya


Jika outfit yang Anda pilih adalah outfit monokrom, maka Anda bisa menggunakan selendang sutera sebagai pemanis dan aksen. Tampilan ini akan membuat Anda tetap formal, namun santai. Anda pun akan terlihat anggun.


Untuk kaum pria, Anda bisa memadukan kemeja batik sutera favorit Anda dengan bawahan celana panjang warna hitam atau coklat muda. Untuk terlihat lebih classy, tambahkan jam tangan dengan sepatu formal. Jika ingin tampilan lebih santai, Anda bisa mengganti sepatu formal dengan sneaker.

Baca juga: Rekomendasi Batik Pria dan Cara Merawatnya yang Benar


Itulah beberapa pembahasan mengenai batik sutera yang merupakan warisan budaya Indonesia. Jika dahulu batik memiliki model yang monoton, saat ini batik telah dibuat dengan model yang lebih beragam dengan gaya lebih modern, sehingga cocok untuk digunakan di beragam kesempatan dan mulai menarik generasi muda untuk menggunakannya. Anda bisa menemukan model kain batik sutera terbaru di sini.


Sumber :

https://dijelas.in/2020/09/03/5-hal-tentang-batik-sutra-yang-elegan-dan-menawan/

https://review.bukalapak.com/fashion/5-cara-memilih-kain-batik-berkualitas-tinggi-42106

https://fitinline.com/article/read/aplikasi-kain-sutra-sebagai-bahan-batik-modern/

https://solusiibuattack.com/smart-mom-club/artikel/smart-laundry/wajib-tahu-ternyata-kain-sutra-banyak-jenisnya-lho





31 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua