Rekomendasi Batik Wanita dan Tips Memilihnya

Batik dalam penggunannya sehari-hari tidak hanya dijadikan pakaian pria saja, tetapi juga bisa dijadikan bahan pembuatan pakaian wanita agar terlihat anggun dan cantik. Batmotik bisa dipakai untuk acara-acara formal maupun untuk kegiatan sehari-hari.


Ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Dan semua produk yang akan saya rekomendasikan adalah batik asli desainer asli Indonesia.


batik wanita

Bukan hanya itu saja, kami juga akan memberikan sedikit tips bagaimana sebaiknya wanita memilih batik terbaik untuk ia gunakan. Mari simak uraian selengkapnya pada konten berikut ini :

Model Baju Batik Wanita

Ada beragam model baju batik yang cocok digunakan oleh wanita. Apa sajakah itu?

1. Batik Couple

Sesuai dengan namanya batik couple adalah batik berpasangan. Model batik yang satu ini biasa dipakai oleh wanita yang memiliki pasangan, baik itu kekasih maupun suaminya.

Batik couple biasa digunakan menghadiri acara-acara tertentu baik kasual maupun acara formal. Untuk wanita biasanya menggunakan batik dress atau blouse, sedangkan si pria menggunakan batik kemeja.

2. Batik Kerja Wanita

Dilihat dari namanya saja, saya yakin Anda sudah tau apa fungsinya. Betul sekali, batik kerja digunakan oleh wanita saat ia sedang bekerja.

Beberapa perusahaan saat ini sudah memiliki kebijakan yaitu mewajibkan karyawannya menggunakan pakaian batik setidaknya satu kali dalam seminggu, biasanya hari Jumat.

Untuk kebutuhan kerja, Anda bisa menggunakan batik berwarna abu-abu, atau batik biru dengan kerah seperti blazer.

3. Dress Batik

Dress batik adalah pakaian batik wanita yang digunakan saat menghadiri acara pesta. Lebih cocok lagi apabila dress batik dipakai untuk menghadiri acara-acara pesta yang bertema tradisional.

4. Gamis Batik

Untuk ibu-ibu mungkin sudah tidak asing lagi dengan gamis. Gamis ini bukan hanya tersedia model itu-itu saja, saat ini sudah banyak gamis bermotif batik yang tidak kalah cantik dengan gamis non batik.

Gamis batik ini bisa Anda gunakan untuk menghadiri berbagai acara seperti pengajian. Ada banyak model baju gamis batik, namun salah satu yang cukup populer adalah handsprint batik set dan gamis tersebut bisa dipadukan dengan motif lurik klasik.

Rekomendasi Batik Wanita

Sedang mencari batik untuk wanita? Kami merekomendasikan batik dari Krajan Batik untuk Anda pakai.


Krajanbatik.com merupakan penyedia batik sejak puluhan tahun silam dan berpusat di kota Semarang, Jawa Tengah. Batik didesain oleh seorang desainer bernama Christian dan beliau memadukan teknik batik warisan nenek moyang dengan gaya modern sehingga tidak ketinggalan zaman.


Berbagai model batik, baik itu batik pria maupun batik wanita tersedia. Seluruh batik dibuat dengan cara ditulis sehingga menghasilkan desain yang benar-benar menakjubkan.


Tak hanya itu saja, Anda juga bisa merequest desain sesuai keinginan. Jadi, krajanbatik tidak hanya menyediakan baju batik yang sudah siap pakai, tetapi juga bisa batik yang memang didesain dari awal.


Bagi Anda seorang wanita yang membutuhkan batik tulis premium untuk tampil lebih cantik dan percaya diri, maka Krajan batik adalah jawabannya. Batik dibuat dari kain sutra premium dan katun primis yang halus sehingga nyaman dipakai.


Dengan sentuhan tangan-tangan terampil, krajanbatik siap membantu Anda menghasilkan desain batik wanita berkualitas premium.

batik wanita

Tips Memilih Batik Wanita yang Pas

Bingung mencari batik yang cocok untuk Anda? Anda bisa mengikuti beberapa tips yang akan kami berikan berikut ini.


1. Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Baik tips yang pertama adalah pastikan batik yang Anda pilih sesuai dengan bentuk tubuh saja. Percuma saja beli batik mahal-mahal tapi ternyata tidak sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Terutama bagi Anda yang memiliki tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk, wajib hukumnya memilih batik yang sesuai. Jangan sampai nantinya setelah menggunakan batik tersebut Anda semakin terlihat kurus atau terlihat gemuk.

Kecuali orang-orang yang bertubuh langsung memilih batik model apapun bukan menjadi masalah. Jikalau Anda bukan termasuk golongan tersebut, sebaiknya jangan beli baju batik namun belillah kain batik dan silakan dijahit sendiri agar sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

2. Pilihlah Bahan yang Tepat

Sebagaimana yang kita ketahui, batik itu berasal dari berbagai bahan kain seperti kain mori, kain rayon, kain sutera, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua kain tersebut bisa dijadikan batik namun memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya.

Jika Anda ingin menjahit sendiri untuk batik wanita, sangat disarankan memilih bahan kain yang bertekstur lembut, halus, dan menyerap keringat supaya lebih nyaman digunakan. Jadi mau dipakai satu harian pun, Anda tidak akan merasa terganggu sama sekali.

Dari sekian banyak jenis bahan kain salah satu bahan terbaik untuk pembuatan batik adalah kain katun karena kemampun penyerapan keringatnya yang sangat baik.

3. Sesuaikan Desain dengan Aktivitas yang Anda Lakukan

Batik wanita itu ada banyak model, tipe, dan jenis-jenisnya dan masing-masing punya fungsi yang tidak sama. Ada batik yang digunakan untuk acara formal. ada batik yang cocok dipakai acara kasual, dan ada juga batik yang hanya dipakai setiap hari di rumah saja.

Ketika menghadiri acara kasual, sebaiknya gunakan batik berwarna cerah. Sementara itu, apabila Anda menghadiri acara yang sifatnya lebih formal, gunakan warna batik yang gelap supaya terlihat lebih elegan dan berwibawa.

Pemilihan desain dan warna yang pas ini sangat penting supaya Anda lebih percaya diri ketika mengenakannya dan pasti Anda tidak mungkin ditertawakan.

4. Ikuti Trend Fashion Batik Terkini

Teruntuk Anda yang saat ini membutuhkan batik dengan desain yang modern dan trendy, maka wajib untuk mengikuti trend fashion batik terkini. Karena di pasaran masih banyak beredaran batik dengan model lawas dan bermotif itu-itu saja sehingga terlihat membosankan.

Memang batik tradisional bukan berarti jelek, akan tetapi anak muda zaman sekarang umumnya lebih suka batik dengan desain yang lebih modern. Biasanya mereka lebih percaya diri menggunakan batik modern daripada batik yang tradisional.


Untuk mengetahui koleksi trend fashion batik masa kini, Anda bisa langsung mengunjungi website Krajan Batik informasi lengkap tentang dunia batik semua tersedia di sana.

Itulah dia berbagai model. rekomendasi, dan tips memilih pakaian batik wanita terbaik yang bisa Anda ikuti. Ikuti tips tersebut supaya Anda tidak salah lagi dalam memilih batik yang sesuai.


Baca juga: Aneka Bahan Batik dan Peralatan untuk Membuatnya


3 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua