5 Cara Ketahui Baju Batik Premium Berkualitas

Batik merupakan salah satu produk kesenian yang memiliki nilai prestise. Oleh karena itu perlu kecermatan dalam memilih baju batik premium berkualitas. Pastikan bahwa Anda tidak akan merugi karena salah memilih produk yang tidak sesuai dan kualitasnya tidak sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan.


Kualitas produk mempengaruhi bagaimana kenyamanan Anda saat memakainya. Selain itu, nilai estetis juga perlu diperhitungkan baik dari segi desain baju dan motif batiknya. Terdapat berbagai pertimbangan lain yang perlu Anda ketahui untuk memilih baju batik premium berkualitas. Simak cara dan tipis berikut ini agar bisa mendapatkan batik terbaik Anda.


5 Cara Ketahui Baju Batik Premium Berkualitas

Cara Mengetahui Baju Batik Premium Berkualitas

Terdapat 5 cara atau pertimbangan yang perlu Anda ketahui dalam memilih baju batik berkualitas.Mulai dari mengetahui jenis batik, jenis bahan, jenis pola, kualitas pewarnaan dan kualitas pola. Simak hal-hal yang perlu Anda ketahui untuk menemukan batik terbaik secara lengkap berikut ini.


1. Ketahui jenis batik

Batik diproduksi dengan beberapa teknik. Masing-masing cara pembuatannya pun memiliki karakteristik dan nilai yang berbeda. Selain itu, kesan yang ditimbulkan juga berbeda. Jadi, Anda perlu mengetahui kesan apa yang ingin ditampilkan ketika menggunakan batik. Kemudian, Anda perlu mengetahui beberapa jenis batik berdasarkan cara pembuatannya ini:


Batik cap

Batik jenis ini pada umumnya memiliki motif atau lukisan yang rapi dan simetris. Karakteristik lain dari batik cap adalah motif yang sederhana. Hal ini dapat terjadi karena batik cap diproduksi dengan bantuan alat yang mirip stempel. Cap yang digunakan pun merupakan inovasi dari canting yang biasa digunakan pada batik tulis.


Batik tulis

Jenis ini diproduksi dengan menggunakan alat bernama canting dan diproduksi manual dengan tenaga manusia sehingga disebut dengan batik tulis meskipun pada kenyataannya lebih cocok disebut seperti melukis daripada menulis. Pada umumnya batik tulis memiliki motif yang rumit dan lebih padat daripada jenis batik yang lain. Oleh karena itu batik tulis sering disebut sebagai produk eksklusif karena proses pembuatannya tidak dilakukan secara pabrikan.


Batik kombinasi

Batik ini diproduksi dengan mengkombinasikan dua teknik di atas. Jadi, ada beberapa bagian kain yang dibuat dengan teknik cap. Kemudian ada beberapa bagian lagi yang dibuat secara manual dengan menggunakan canting. Pada umumnya kain yang dilukis secara manual menggunakan canting hanya menambah detail-detail serta untuk menutupi kekurangan dari batik cap.


Kemudian cara membedakan antara ketiga teknik di atas adalah melalui motifnya. Jadi, Anda perlu mencermati bagaimana corak yang ada di kain tersebut. Pada batik tulis, pada umumnya motif akan terlihat tidak simetris namun tetap terlihat estetik karena diproduksi oleh tangan manusia.


Baca juga: Rekomendasi Motif Batik Modern yang Cocok dijadikan Baju


2. Ketahui jenis bahan

Terdapat berbagai jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat batik. Berikut adalah 5 jenis bahan kain batik:


Kain Katun

Terdapat berbagai jenis kain katun yang ada di industri tekstil. Tetapi hanya terdapat 3 jenis kain katun yang kerap digunakan untuk pembuatan batik yaitu Polisima, Primissima dan Prima.


Kain Mori

Kain ini memiliki tiga tipe yaitu Mori Primissima, Mori Prima dan Mori Biru.


Kain Paris

Jenis kain ini memiliki karakteristik yang lembut dan cenderung ‘jatuh’ karena tidak kaku.


Kain Serat Nanas

Memiliki karakteristik yang kasar. Secara kasat mata, teksturnya terlihat seperti sulur-sulur kain dan mengkilap.


Kain Sutera

Jenis kain ini memiliki tingkat kelembutan yang bagus jika dibandingkan dengan tipe bahan yang lainnya.


3. Ketahui jenis pola

Terdapat berbagai jenis pola. Tapi pada umumnya pola batik dibedakan menjadi dua yaitu pola tradisional dan pola modern. Tingkat kerumitan pada motif akan mempengaruhi dari segi harga jualnya. Selain itu terdapat jenis motif ‘rare’ yang tidak banyak diproduksi di pasaran sehingga apabila Anda menginginkan motif yang jarang diproduksi maka Anda perlu merogoh kocek semakin dalam.


Cara Mengetahui Baju Batik Premium Berkualitas

4. Ketahui kualitas pewarnaan

Anda juga perlu mengetahui kualitas pewarnaan dari batik yang akan dibeli. Anda bisa mengetahui kualitasnya dengan beberapa cara berikut:

  • Sentuh dan raba kain batik beberapa saat

  • Cek tangan Anda, apakah tangan Anda menjadi berwarna seperti kain batik yang baru saja dipegang

  • Kemudian, jika ada warna yang membekas di tangan Anda berarti kain batik tersebut memiliki pewarnaan kurang baik. Jika Anda tetap menginginkan kain batik ini karena motif dan warnanya yang cocok dengan Anda maka siap-siaplah untuk menerima kenyataan bahwa kain batik tersebut warnanya lebih cepat luntur dan menjadi pudar.


5. Kualitas cetakan

Terkadang beberapa orang melewatkan langkah satu ini. Cobalah untuk periksa bagian dalam dari baju batik yang dipilih. Pada umumnya, batik yang memiliki kualitas baik akan memiliki cetakan luar dalam yang sama. Hal ini berarti baju batik akan lebih awet dibandingkan dengan baju batik yang warna bagian dalamnya lebih pudar.


Baca juga: Rekomendasi Batik Wanita dan Tips Memilihnya


Tips Memilih Baju Batik Premium yang Paling Cocok

Selain 5 cara diatas terdapat tips lain yang bisa Anda coba untuk menemukan baju batik premium terbaik. Pastikan Anda memilih warna baju batik yang sesuai dengan kulit Anda. Simak daftar warna jenis kulit untuk menemukan baju batik paling cocok untuk Anda.


1. Kulit putih

Jika Anda memiliki kulit putih, maka Anda bisa menggunakan semua jenis warna yang ada. Jika Anda pilih warna cerah, maka akan tampak ceria. Sebaliknya, jika Anda memilih warna netral atau monokrom, maka kesan yang didapat menjadi anggun atau adem. Tetapi ada baiknya untuk menghindari warna yang terlalu plain karena akan memunculkan kesan pucat.


2. Kulit sawo matang

Anda bisa menggunakan baju batik berwarna cerah. Tetapi direkomendasikan untuk tidak menggunakan warna yang terlalu cetar. Selain itu, pilihlah baju batik dengan motif yang tidak terlalu ramai.


3. Kulit gelap

Hindari baju batik berwarna gelap karena akan membuat kulit Anda menjadi terlihat kusam dan tidak fresh. Pilihlah warna krem atau cokelat untuk mendapatkan kesan eksotis dan manis.


4. Kulit kuning langsat

Anda bisa menggunakan baju batik dengan berbagai pilihan warna. Mulai dari warna gelap sampai baju batik yang berwarna-warni pun tetap akan terlihat bagus.


Baju Batik Premium Krajan Batik

Salah satu merk batik premium yang patut diperhitungkan adalah Krajan Batik. Diketahui jika Krajan Batik merupakan salah satu pioneer kerajinan batik tulis yang ada di Indonesia. Walaupun begitu, busana-busana yang diproduksi tidak ketinggalan trend. Krajan Batik membuat baju batik modern yang cocok untuk pra milenial.


Baca juga: Kebaya Menarik dan Murah di Krajan Batik


Demikianlah informasi mengenai baju batik premium. Apakah Anda sudah siap untuk menemukan baju batik terbaik? Semoga dengan cara-cara yang telah dipaparkan di atas dapat membantu Anda dalam memertimbangkan ketika memilih baju batik premium. Jika Anda tidak ada waktu untuk menyusuri toko batik yang ada di lokasi terdekat, Anda bisa menemukan baju-baju batik premium dengan model terkini di Krajan Batik yang merupakan salah satu pioneer vendor pembuat baju batik Indonesia.


Sumber:

https://www.kemejingnet.com/2016/12/cara-memilih-kain-batik-yang-berkualitas-tinggi_1.html

https://fitinline.com/article/read/8-tips-memilih-baju-batik-baik-dari-segi-model-ukuran-hingga-kualitas-jahitan/



2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua