Mengulik Sejarah Menarik di Kota Semarang


sejarah menarik di kota semarang

Semarang merupakan salah satu dari dua kota besar di Jawa Tengah selain Yogyakarta. Meski tidak seterkenal Yogyakarta, Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja khususnya bagi para pecinta sejarah.


Dimulai pada abad ke-6 sebelum masehi, sebuah daerah pesisir bernama Pragota (Kini menjadi Bergota) yang merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Pada masa itu, Pragota merupakan sebuah pelabuhan dengan gugusan pulau - pulau kecil di depannya. Akibat pengendapan yang masih berlangsung hingga kini, gugusan tersebut menyatu membentuk sebuah daratan. Pelabuhan inilah yang merupakan tempat dimana Laksamana Cheng Ho berlabuh pada tahun 1435 M. Disanalah Laksamana Cheng Ho mendirikan berbagai bangunan sebagai bentuk apresiasi dan dedikasinya terhadap rakyat Indonesia.


Tidak berhenti disitu saja, sejarah Kota Semarang masih terus berlanjut hingga di tahun 1678 Semarang digadaikan kepada VOC Belanda oleh Amangkurat II dari Mataram sebagai jaminan hutang. Namun pada 1705 Susuhunan Pakubuwono I menyerahkan Semarang akibat karena telah dibantu dalam perebutan Kartasura. Sejak saat itu Semarang resmi dimiliki oleh VOC. Maka tak heran jika kini kita banyak menemui berbagai peninggalan sejarah Belanda di Kota Semarang.


Berikut rekomendasi tempat - tempat menarik yang wajib dikunjungi bila teman - teman datang berkunjung ke Kota Semarang, diantaranya:


1. Gereja Blenduk

Dikenal sebagai gereja Protestan tertua di Jawa Tengah, berdiri sejak 1753 dan mengalami revitalisasi pada tahun 1894. Terinspirasi dari Gereja Basilika Santo Petrus, Vatikan. Dengan nuansa seni peninggalan masa kolonial Belanda memberikan pesona lebih terhadap gereja ini.


2. Lawang Sewu

Awalnya dibangun sebagai markas perusahaan kereta api Hindia Belanda dan mengalami alih fungsi pada 1942 menjadi penjara untuk mengeksekusi tahanan. Kini Lawang Sewu menjadi salah satu icon bersejarah Kota Semarang yang terkenal dengan wisata horornya.


3. Gedong Batu

Didirikan oleh seorang penjelajah Muslim bernama Zheng He atau yang lebih dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho. Akulturasi antara tradisi Cina dan Islam, menjadikan Gedong Batu sebagai warisan sejarah yang tidak terlupakan.


4. Klenteng Sam Poo Kong

Masih berupa peninggalan Laksamana Cheng Ho, Klenteng Sam Poo Kong merupakan Klenteng tertua yang terletak di Simongan, Semarang. Dengan total luas mencapai 3,2 hektar, kawasan klenteng ini terdiri dari banyak gua dan kuil - kuil bersejarah.


5. Simpang Lima

Sebuah persimpangan di pusat kota Semarang yang mempertemukan 5 jalan, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan. Terdapat berbagai macam wisata kuliner, pusat perbelanjaan hingga spot - spot foto menarik yang bisa teman - teman nikmati.


6. Masjid Agung Jawa Tengah

Merupakan tempat ibadah sekaligus tempat wisata Kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah memiliki payung - payung besar seperti Masjid Nabawi memberikan suasana teduh yang menentramkan. Selain itu, terdapat menara yang juga merupakan museum berisi perkembangan agama Islam di Semarang dan rancangan awal Masjid Agung Jawa Tengah.


7. Kota Lama Semarang

Menyajikan kemegahan arsitektur Eropa, Kota Lama Semarang juga dikenal sebagai Little Netherland. Bangunan - bangunan eksotis peninggalan masa kolonial Belanda ini menyimpan begitu banyak cerita yang seakan tak pernah habis dikisahkan.


Hotel di Daerah Semarang

Dengan begitu banyaknya pilihan destinasi menarik, waktu 1 atau 2 hari tentunya tidak akan cukup untuk mengeksplor Kota Semarang. Maka dari itu, teman - teman dapat berkunjung ke HARRIS Hotel Sentraland Semarang. Berlokasi di Jl. Ki Mangunsarkoro No. 36, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah. Berkisar antara Rp400.000,00 hingga Rp500.000,00-an saja, teman - teman sudah bisa menikmati berbagai fasilitas eksklusif seperti free breakfast, breakfast buffet, pool, fitness centre, massage, spa, dan masih banyak lagi.


Atau jika teman - teman ingin hotel yang lebih bersahabat, teman - teman dapat mengunjungi POP! Hotel Pemuda Semarang yang berlokasi di Jl. Simpang No.9, Sekayu, Kec. Semarang Tengah. Cukup dengan Rp200.000,00-an saja, teman - teman dapat menikmati wisata Simpang Lima yang berada di sekitar hotel lengkap dengan view Lawang Sewu yang memanjakan mata.


Artikel ini disponsori oleh DiscoverASR.com


3 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua